Penuhi Kebutuhan Listrik Warga Raas, Pemkab Sumenep Bangun Sinergi dengan PLN

Avatar of PortalMadura.com
Penuhi Kebutuhan Listrik Warga Raas, Pemkab Sumenep Bangun Sinergi dengan PLN
Mesin PLTD di Raas (foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Kabag ESDM , Madura, Jawa Timur, Abd Kahir menyatakan, setelah dua tahun terakhir PT Kangean Energy Indonesia () memprogramkan pengadaan tiang listrik di Wilayah Raas daratan, pemkab setempat berupaya membangun sinergi dengan berbagai pihak, diantaranya PLN, SKK Migas dan KEI sendiri guna melanjutkan program listrik tersebut.

“Pada akhir November 2017 ini kami akan berkoordinasi dengan KEI, SKK Migas dan PLN. Sebab, sesuai rencana pada tahun 2018, PLN akan aktif memenuhi kebutuhan listrik di Raas. Dalam koordinasi itu kami akan membicarakan kelangsungan program kelistrikan di Raas daratan. Sedangkan program KEI nantinya akan dialihkan pada program lainnya yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat setempat,” kata Abd Kahir, Senin (16/10/2017).

Menurutnya, ke depan pemerintah daerah juga akan mengambil bagian atas pemenuhan kebutuhan listrik di Raas daratan ini dengan cara akan memenuhi kebutuhan lahan untuk rumah mesin listrik.

“Saat ini dalam proses survei lokasi untuk rumah listrik itu. Kalau lokasinya sudah cocok, nantinya tinggal melakukan pembebasan lahannya yang ada dibiayai dari APBD Pemkab Sumenep,” tuturnya.

Sebelumnya, PT KEI melalui program CSR-nya telah memprogramkan pemenuhan listrik di sejumlah pulau kecil di Kecamatan Raas, seperti Desa Tonduk dengan dua mesin PLTD berkekuatan 30 KVA, dua mesin PLTD di Dusun Kalosot, pulau Talangu Aeng, Talangu Tengah, Komerean, dan Goa-goa.

Dari sejumlah pulau kecil itu, mayoritas warga telah menikmati listrik meski hanya 12 jam yakni sejak pukul 17.30 WIB sampai 05.30 WIB setiap harinya. PLTD di masing-masing Pulau kecil itu dikelola oleh kelompok masyarakat setempat. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.