oleh

Perhatikan 6 Penyebab Asam Lambung Pada Anak

PortalMadura.Com – Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang banyak dialami orang bahkan anak kecil bisa mengalami penyakit ini. Di dunia kesehatan penyakit ini dikenal Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit lambung ini sangat mengganggu bagi penderitanya.

Penderitanya akan ditandai dengan rasa sakit perut seperti terbakar pada perut atau bagian ulu hati. Bahkan akan ada sensai mulas dan sensasi terbakar hingga ke tenggorokan. Jika ini terjadi pada anak Anda maka akan merasakan sakit. Sehingga Anda harus mengetahui penyebab asam lambung pada anak.

Selamat Ibadah Puasa

Dilansir dari laman Popmama.com, Minggu(10/1/2021) berikut 6 penyebab asam lambung pada Anak yang harus Anda ketahui. Asam lambung ini pada umumnya dipengaruhi oleh Lower Esophageal Sphincter (LES), yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari esophagus. Namun selain itu ada 6 penyebab lainnya yang harus Anda ketahui.

Berat Badan yang Berlebih

Seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih akan berisiko mengalami penyakit asam lambung. Seseorang dengan brat badan berlebih memiliki lemak yang dapat meningkatkan tekanan pada lambung yang membuat otot LES tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal inilah yang memicu asam lambung naik hingga tenggorokan dan menyebabkan penyakit asam lambung. Jika anak-anak obesitas akan berisiko mengalami hal yang sama.

Konsumsi Beberapa Jenis Makanan

Makanan tinggi lemak akan membuat LES terbuka dalam waktu yang lama. Sedangkan makanan seperti jeruk, lemon, tomat dan makanan yang mengandung kafein dan karbonasi dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu ibu harus tahu makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung agar anak tidak mengalami penyakit ini.

Pengaruh Obat

Obat-obatan bisa menjadi salah satu penyebab asam lambung pada anak. Bahan dan kandungan zat pada obat-obatan dapat mengganggu kerja LES dan mengakibatkan asam lambung naik. Obat-obatan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti obat antihistamin, antidepresan, dan juga obat nyeri. Jika anak mengalami masalah ini sebaiknya konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda.

Menghirup Asap Rokok

Rokok merupakan salah satu benda yang banyak diketahui berbahaya bagi kesehatan. Apalagi bagi perokok pasif malah lebih berbahaya dibandingkan dengan perokok aktif. Merokok bukan hanya merusak paru-paru dan jantung, namun juga menganggu kerja asam lambung. Kandungan nikotin pada rokok yang membuat asam lambung naik. Oleh karena itu jauhkan anak dari perokok.

Stress dan Beban Fikiran

Ketika anak remaja mengalami stres, cemas, dan tertekan maka akan mempengaruhi fikiran anak tersebut. Hal inilah yang membuat asam lambung naik sehingga memicu sakit perut.

Kebiasaan Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan berbaring setelah makan akan memunculkan asam lambung karena oto LES beristirahat atau rileks. Sebaiknya ketika sudah selesai makan tidak langsung memilih berbaring agar LES berfungsi dengan baik.

Para mama harus mengatur pola makan anak agar teratur dan memilih bahan makanan yang tidak memicu munculnya penyakit asam lambung.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Popmama.Com

Komentar