Peringati HSN, Ribuan Santri Sumenep Bersih-bersih Asta Tinggi

Avatar of PortalMadura.com
Peringati HSN, Ribuan Santri Sumenep Bersih-bersih Asta Tinggi
Ribuan santri menggelar gerakan bersih-bersih di komplek pemakaman para raja di Asta Tinggi, Senin (21/10/2019), (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Ribuan santri dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Istigasah dan gerakan bersih-bersih di komplek pemakaman para raja di , Senin (21/10/2019).

Gerakan bersih-bersih Asta Tinggi yang diawali dengan salat Subuh berjemaah dan Istigasah di dalam Aula komplek makam para raja di Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, ini dalam rangka memperingati (HSN) 2019.

Istigasah dipimpin langsung oleh KH. Hafidzi Sarwini dan , KH. Panji Taufik. Setelah melakukan Istigasah, para santri langsung melakukan bersih-bersih memungut sampah dan membersihkan rumput yang ada di areal pemakaman para raja.

“Kebersihan itu bagian dari iman dan sekarang kami ingin barokah dari para raja Sumenep dengan melakukan bersih-bersih di sini,” kata salah satu santri, Baihaki.

Sementara itu, Ketua PCNU Sumenep, KH. Panji Taufik mengatakan, gerakan bersih-bersih bersama para santri tersebut merupakan rangkaian kegiatan hari santri nasional yang dilakukan PCNU Sumenep.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial menyambut hari santri oleh PCNU bersama santri,” jelas KH. Panji Taufik.

Menurutnya, PCNU juga menyerahkan sejumlah alat kebersihan seperti sapu lidi dan tempat sampah plastik kepada pengelola agar dimanfaatkan sehari-hari dalam melakukan pembersihan di lingkungan makam raja.

Baca Juga : Hati-hati! Torjun Sampang Dilanda Kemacetan Akibat Kecelakaan

“Kami juga memberikan sejumlah alat kebersihan ke pengelola Asta Tinggi ini. Ini merupakan bentuk kepedulian kami dan santri kepada kebersihan,” tegasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.