oleh

Persiapan Naik Cetak, KPU Sumenep dan Tim Paslon Gubernur Lakukan Validasi APK

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengundang dua tim Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Panwas dan pemenang tender pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk melakukan validasi contoh APK, Rabu (11/4/2018).

“Hari ini kami bersama dua tim paslon dan panwas serta pemenang tender melakukan validasi contoh APK sebelum naik cetak,” kata Ketua KPU Sumenep, A Warits.

Sesuai mekanismenya, sebelum naik cetak, APK berupa baliho, umbul-umbul dan spanduk harus dilakukan validasi guna menghindari kesalahan cetak. Untuk spanduk dan umbul-umbul sudah dilakukan dua hari sebelumnya.

“Sedangkan untuk baliho dilakukan hari ini yang dihadiri oleh kedua tim paslon dan pengawas pemilu,” ucapnya.

Menurut Warits, total spanduk yang akan dicetak masing-masing desa akan dipasang satu APK dari dua paslon, sementara di Sumenep terdapat 334 desa dan kelurahan.

“Sedangkan baliho dan umbul-umbul nantinya akan dipasang di tingkat kecamatan dan kabupaten. Tempatnya sudah disepakati dan berada di tempat strategis,” paparnya.

Terkait dengan pemasangan, kata Warits, akan dilakukan oleh pemenang tender. Baik di wilayah daratan maupun wilayah kepulauan.

“Sedangkan batas akhir pemasangan APK tersebut maksimal 15 hari dari penandatanganan kontrak. Kalau misalnya hari ini tanda tangan kontrak, berarti maksimal tanggal 26 April semua APK sudah bisa terpasang di titik tertentu yang telah disepakati,” tegasnya.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur diikuti oleh dua paslon yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (nomor urut 1) dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (nomor urut 2). Pelaksanaan Pilgub akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2018. (Arifin/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE