oleh

Petani Mulai Tanam Jagung

SUMENEP (PortalMadura) – Para petani disebagian wilayah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, mulai menanam jagung setelah dua pekan terakhir diguyur hujan.

Salah seorang petani di Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Mashur mengatakan, para petani sudah mulai tanam jagung, bahkan ada yang sudah selesai karena sejak dua pekan ini hujan mulai turun.

“Kalau menanam jagung kan memang harus menunggu hujan dan sekarang sudah tanam. Ada yang baru mulai dan ada yang sudah selesai, tergantung luasnya lahan pertanian yang dimiliki,” kata Mashur kepada PortalMadura, Sabtu (16/11/13).

Loading...

Menurutnya, mayoritas para petani didesanya memang bergantung pada air hujan karena tidak ada sumber air yang bisa dialirkan untuk pertanian, baik jagung maupun padi.

“Disini para petani harus nunggu hujan. Kalau hujan turun ya kami langsung menanam jagung dan kemudian padi,” ujarnya.

Dia berharap dimusim hujan tahun ini volume hujan lebih tinggi dari tahun lalu yang terhitung kurang untuk sebagai pengairan petani.

“Kami berharap, volume hujan tahun ini bisa mencukupi kebutuhan para petani, karena kami menggantungkan hidup hanya pada hasil tani,” harapnya.(arif/htn).



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar