oleh

Pohon Pisang Bisa Jadi Sumber Uang

SUMENEP (PortalMadura) – Hampir semua bagian tanaman atau pohon pisang bisa dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang dapat menjadi sumber uang. Salah satu bukti, salah seorang warga Batuputih sudah membuat Kripik Bonggol dan sudah dipasarkan diberbagai toko camelan Madura.

Sudah ada dua rasa yang dipasarkan di toko camelan Madura. Kripik denga bahan dasar akar pohon pisang ini, sebenarnya masih bisa dibuat berbagai rasa lainnya, seperti balado dan pedas.

Catatan Kompas 13 Maret tahun lalu, di daerah Bantul Yogyakarta, juga ada yang sudah berusaha mengembangkan usaha pohon pisang yang dijadikan bahan untuk pangan dan hasilnya sukses.

Selain akar pada pohon pisang, bagian lainnya juga dapat dibuat camelan dan makanan lainnya.

Loading...

Semisal, pada batang pisang bagian dalam, juga bisa dimasak dan diolah menjadi gudeg atau gulai. Pelepah pisang bisa dibuat menjadi cendol dan abon.

Adapun jantung atau bunganya bisa dijadikan dendeng, gulai, atau abon. Bahkan, kulit pisang yang masih muda bisa diolah menjadi kerupuk kulit pisang.

Buah pisang juga bisa diolah menjadi macam-macam camilan, mulai dari keripik, sale, pisang goreng, pisang rebus, kolak, donat, martabak, kopi pisang, dodol, hingga permen.

Bahkan pada bagian lainnya, juga bisa diolah menjadi sumber uang keluarga, seperti tungkai bunga pisang untuk makanan ternak, kulit batang pisang untuk pupuk, dan getahnya untuk fermentasi pupuk. Luar biasa bukan?. Selamat berkarya.(htn)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar