oleh

Poltera Cetak 238 Mahasiswa Siap Bersaing di Era Industri 4.0

PortalMadura.Com, Sampang – Senat Politeknik Negeri Madura (Poltera) Jawa Timur menggelar sidang terbuka pada wisuda ke-V program diploma.

Direktur Poltera Sampang, Dr. Arman Jaya, S.T., M.T melalui Humas Poltera Sampang, Taufik Hidayat menyampaikan, jumlah wisudawan mencapai 238 mahasiswa.

Prosesi wisuda Poltera Sampang (Foto. Rafi/ @portalmadura.com)

Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan ikut prosesi wisuda meliputi program studi Teknik Listrik Industri (TLI) 44 orang, Teknik Mesin Alat Berat (TMAB) 38 orang, Teknik Bangunan Kapal (TBK) 32 orang, dan Keperawatan sebanyak 124 orang.

Wisudawan terbaik pada program studi Teknik Listrik Industri, Benny Guzman Raiz, Teknik Mesin Alat Berat, Iqlima Maulina, Teknik Bangunan Kapal, Noval Alfisnsyah, sedangkan dari program studi Keperawatan, Indah Nasrullah.

Mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dan bersaing dengan berbagai perkembangan pada era milenial berbasis digitalisasi serta dapat mewujudkan suatu impian yang menjadi target demi kepentingan bangsa.

“Para wisudawan harus bisa menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat dan mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (28/9/2019).

Penjabat Sekretaris Daerah Sampang, Yuliadi Setiawan, sangat mengapresiasi jika Poltera terus menunjukkan perkembangan yang baik serta sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri di daerahnya.

“Poltera bisa menjadi mercusuar keilmuan yang mendorong berkembangnya pemikiran dan kemajuan peradaban masyarakat Madura,” ungkapnya.

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sampang lantaran terdapat perguruan tinggi negeri yang fokus pada pengembangan vokasi yang sedang direvitalisai pemerintah.

Di tengah besarnya upaya pemerintah menarik investasi, menurutnya, muncul kesadaran banyak dibutuhkan dunia usaha Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif, bukan mumpuni secara teoritis, tapi memiliki keahlian praktis.

“Tentu, jawabannya pendidikan vokasi. Karena itu, Poltera bisa memanfaatkan momentum perkembangan zaman pada era digitalisasi dan industri 4.0,” imbuhnya.

Atas nama pemerintah daerah, pihaknya yakin manajemen Poltera telah siap mengantisipasi, kualitas akademik terus berkembang dan adaptif dengan dinamika zaman.

“Sehingga mahasiswa lulusan senantiasa siap kerja dengan skill yang up to date,” pungkasnya.

Sidang terbuka senat Poltera wisuda ke-V program diploma berlangsung khidmat di aula setempat.

Hadir Pelaksana tugas Dinas Pendidikan (Plt Diknas) Sampang, Nor Alam, mantan Bupati Sampang periode 2008-2013, Noer Tjahja, dan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Sampang, Yuliadi Setiawan.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE