Pondok Megah, Pengasuh Ponpes Hidup di Rumah Beratap Ilalang (1)

Avatar of PortalMadura.Com
Pondok Megah, Pengasuh Ponpes Hidup di Rumah Beratap Ilalang (1)
Kediaman KH Abdurrahman

PortalMadura.Com, Desa Tenonan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengalami kemajuan cukup pesat.

Sejak dibabat tahun 90-an oleh sang Pengasuh, KH. Abdurrahman, kini sudah mempunyai lembaga pendidikan formal dari tingkat MI (setingkat SD), SMP sampai MA (setingkat SMA).

Pembangunan pondok dan lembaga formal serta non formal terus bertambah dan terlihat megah. Namun, rumah sang pengasuh tetap dari bambu dan beratap ilalang.

Rumah sang pengasuh itu, dibangun sejak awal membabat pondok dan hingga saat ini tidak ada perubahan. Setiap pagi, juga dijadikan tempat santri belajar Al-Quran dan ilmu-ilmu agama lainnya.

Keinginan mendirikan pondok pesantren di Dusun Neggara, Desa Tenonan, Kecamatan Manding, Sumenep itu, untuk memberikan pengetahuan agama bagi warga sekitar.

Sang pengasuh merasa terpanggil untuk berdakwah di tengah masyarakat yang minim pengetahuan agama dan daerah kategori rawan kriminalitas, semisal pencurian, judi dan tindak kriminal lainnya.

Awalnya, jumlah santri sekitar 50-an orang. Namun, sejak pembangunan asrama atau pondok untuk menginap selesai dibangun, jumlah santri makin bertambah menjadi 170-an santri di tahun 1995.

Dalam perkembangannya, hingga tahun 2013, jumlah santri baik yang bermukim (mondok) maupun yang datang setiap hari untuk mencari ilmu agama mencapai 500 peserta didik.

Hingga tahun 2016 ini, jumlah santri terus bertambah, sehingga pembangunan pondok harus terus dilakukan. Luas lahan yang awalnya dibeli dari dana bersama keluarga seluas 5000 m² dan diwakafkan untuk pendirian Pondok Pesantren Al-Bajigur, kini juga berkembang pesat.

Seiring dengan tuntutan kebutuhan lingkungan dan perkembangan zaman, pondok pesantren ini juga membekali santrinya dalam ilmu teknologi pertanian, peternakan dan perbengkelan (otomotif).

Siapa sang pengasuh Pondok Pesantren Al-Bajigur? ikuti terus ulasan PortalMadura.Com.(pondokalbajigur/har)

https://www.youtube.com/watch?v=mpOnQvXeesI

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.