oleh

Portal Madura Gagas Hari Festival Musik Saronen Jadi Agenda Tahunan

PortalMadura.Com, Sumenep – Manajemen PortalMadura.Com berkomitmen pada tanggal 10 Oktober menjadi “Hari Festival Musik Saronen” sebagai agenda tahunan.

“Kami berkomitmen festival musik saronen akan dijadikan kalender tahunan dan tanggal 10 Oktober sebagai pelaksanaan “Hari Festival Musik Saronen”.  Group saronen yang ikut serta dalam prosesi hari ini, merupakan bagian dari perintis untuk kejayaan Saronen di masa-masa mendatang,” ungkap Pimred PortalMadura.Com, Moh Hartono, Sabtu (10/10/2015).

Ia menerangkan, pasca pelaksanaan prosesi festival musik saronen hari ini, PortalMadura.Com akan bersama-sama dinas terkait, para seniman, pemerhati seni-budaya Sumenep, para pakar saronen, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Selanjutnya, kami akan berusaha duduk bersama dalam rangka penetapan Hari Saronen Sumenep sekaligus mengusahakan hak PATEN sebelum diklaim daerah lain,” bebernya.

Loading...

Pelaksanaan prosesi festival musik saronen hari ini, hasil dari sebuah keinginan untuk mengawali dalam rangka  membumikan musik saronen Sumenep, ditengah kehidupan kaula muda.

“Musik saronen yang selama ini nyaris terlupakan dari kebijakan pemerintah daerah, harus mendapat pembinaan dan pangayoman, agar musik saronen tidak hanya menjadi sebuah kekayaan seni lokal milik Sumenep, tapi tidak pernah mendapat apresiasi dan usaha untuk mampu dijual pada perusahaan industri musik,” tegasnya.

Ia menambahkan, pada ratusan tahun silam, pencipta musik saronen yakni Kiai Khatib Sendang (Cicit Sunan Kudus) yang bertempat tinggal di Desa Sendang, Kecamatan Pragaan,  Sumenep, musik saronen dijadikan media dakwa.

“Keinginan ini akan tercapai dengan baik dan maksimal, bila semua pihak sepakat bahwa Musik Saronen harus diselamatkan dan di kembangkan untuk menjawab kebutuhan industri musik,” pungkasnya. (arifin/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar