Presiden Minta Perpres Reforma Agraria Rampung dalam Sepekan

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden Minta Perpres Reforma Agraria Rampung dalam Sepekan
Presiden Joko Widodo saat berbicara di depan kepala suku seluruh Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis, 16 November 2017. (Foto: Biro Pers Sekretariat Negara Republik Indonesia - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta Kementerian terkait untuk segera menyelesaikan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Reforma Agraria, menyatakan memberi waktu sepekan supaya aturan tersebut siap ditandatangani.

“Pagi tadi saya cek, sudah jadi, sudah muter tapi belum sampai meja saya. Memang buat Perpres muter-muter dulu,” ujar Joko Widodo saat Peresmian Pembukaan Rembuk Nasional Pelaksanaan Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial untuk Keadilan Sosial dan Global Land Forum 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Perpres ini nantinya akan mengatur mengenai ketimpangan penguasaan lahan oleh swasta. Dengan adanya aturan itu, maka Pemerintah bisa mempercepat pemberian lahan kepada Masyarakat. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (20/9/2018).

Presiden Jokowi menambahkan, hingga kini sudah sekitar 1,9 juta hektare lahan yang dibagikan kepada Masyarakat. Tahun depan, dia menargetkan 3 juta hektare lahan lagi akan dibagikan.

Sejak tahun lalu, lanjut Presiden Jokowi, pembagian sertifikat tanah kepada Masyarakat ini dimulai. Tahun 2017, lanjut dia, diselesaikan lima juta sertifikat dari yang sebelumnya 500 ribu sertifikat saja pada 2015.

“Sudah sepuluh kali lipat dari biasanya,” tukas Presiden Jokowi. “Tahun ini targetnya naik jadi tujuh juta, tahun depan sembilan juta sertifikat.”

Menurut dia, ada sekitar 126 juta hektare bidang tanah yang harus disertifikatkan. Namun, hingga 2015 hanya 46 juta hektare yang bersertifikat.

“Artinya masih ada 80 juta bidang yang harus tersertifikatkan,” jelas dia. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.