Puskesmas Arjasa Lakukan Pemberian Vaksi ORI

Avatar of PortalMadura.Com
Puskesmas Arjasa Lakukan Pemberian Vaksi ORI
Petugas Memberikan Vaksi Pada Siswa

PortalMadura.Com, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kecamatan Arjasa, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Koordinator Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) melakukan kegiatan pemberian Vaksin Outbreak Responden Immunization (ORI) Difteri putaran kedua pada kelompok usia 1 tahun sampai kurang dari 19 tahun, Sabtu, (28/7/2018).

Kegiatan pemberian vaksin ini dilakukan disetiap sekolah, hingga sekolah pedesaan yakni SDN Buddi Kecamatan Arjasa, Sumenep.

Koordinator Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Puskesmas Kecamatan Arjasa, Sumenep, Nur Afni, saat ditemui PortalMadura.Com, menyampaikan, bahwa kegiatan pemberian Difteri di tahun 2018 harus dilakukan sebanyak tiga kali putaran.

Pada putaran pertama sebagai upaya pengendalian Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri talah dilaksanakan pada awal bulan Maret 2018, kemudian Juli 2018 ini merupakan jadwal putaran kedua.

“ORI Difteri perlu dilakukan tiga kali untuk membentuk kekebalan tubuh dari bakteri Corynebacterium diphteriae” ujarnya.

Menurutnya, sasaran untuk wilayah Puskesmas Kecamatan Arjasa yang membawahi 19 desa sedikitnya 14.483 orang. Sementara yang sudah terlaksana telah mencapai 35℅ atau sekitar 6500 orang.

“Sampai saat ini masih berjalan, sambil menunggu kiriman logistik (Vaksin), pemberian Vaksin ini tidak diberikan sekaligus mengingat penyimpanan terbatas,” jelasnya.

Ia optimis cakupan ini akan terus meningkat menyusul kegiatan belajar di sekolah telah kembali aktif setelah libur panjang. Sebagaimana diketahui target ORI terbesar adalah pada anak sekolah.

“ORI putaran kedua dilaksanakan di sekolah-sekolah, dan bagi anak yang tidak sekolah, ORI dapat dilakukan di Posyandu, dan fasilitas kesehatan lainnya” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Arjasa, H. Daeng Musa'id mengharap agar orang tua yang memiliki putra dan putri berusia antara 1 tahun sampai kurang dari 19 tahun yang belum mendapatkan Vaksin di putaran pertama ORI difteri tidak perlu resah.

“Silahkan datang ke petugas kesehatan untuk mendapatkan ORI pertama”, tegasnya. (Yan/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.