oleh

Ratusan Dokumen Bacaleg Sumenep Tak Lengkap

PortalMadura.Com, Sumenep – Ratusan dokumen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak lengkap. Hal itu diketahui setelah KPU setempat melakukan verifikasi kelengkapan berkas bacaleg dari berbagai partai tersebut.

“Hasil verifikasi berkas, memang banyak bacaleg dari sejumlah parpol yang persyaratannya masih kurang. Misalnya ijazah yang tidak dilegalisir dan data diri yang tidak ditandatangani. Jumlahnya pun ratusan,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Jumat (20/7/2018).

Menurutnya, hasil verifikasi dokumen bacaleg, KPU akan menyampaikan ke parpol pada tanggal 21 Juli 2018. Parpol diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan dokumen bacalegnya hingga akhir bulan Juli ini.

“Besok siang akan kami sampaikan hasil verifikasi berkas bacaleg itu ke partai politik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Warits menegaskan, dari 16 Partai Politik (Parpol) di Sumenep, ada 8 parpol yang mengajukan bacalegnya dengan pola maksimal yakni 50 bacaleg. Ke 8 parpol itu adalah, PKB, PDIP, Golkar, NasDem, PAN, Hanura, Demokrat dan Gerindra. Sedangkan parpol lainnya mengajukan kurang dari itu. Bahkan ada satu parpol yang hanya mengajukan 2 bacaleg.

“Total bacaleg yang diajukan parpol sebanyak 617 orang, laki-laki 361 orang dan perempuan 256 orang,” jelasnya. (Arifin/Putri)