oleh

Resensi Buku- Kunci Sukses Guru dalam Proses Pembelajaran

Peresensi : Wardatul Hasanah*
Alumnus Pondok Pesantren Darul Ulum Pamekasan

Aktivitas belajar-mengajar merupakan kunci utama sukses atau setidaknya sebuah proses pendidikan yang diperankan oleh seorang guru.

Artinya, guru memegang peranan penting dalam tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri. Para siswa akan menghadapi berbagai kesulitan dalam mengakses dan mempelajari materi tanpa bimbingan guru.

Selain itu, guru juga memiliki banyak kewajiban dalam proses belajar-mengajar dari mulai merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, hingga melakukan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.

Dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya, seorang guru perlu memakai metode pembelajaran yang tepat sehingga mudah diterima oleh seluruh siswa.

Nah, bagi calon guru atau pendidik alangkah baiknya untuk mempelajari beberapa metode pembelajaran yang terangkum dalam buku bertajuk “45 Model Pembelajaran Spektakuler” karya Jasa Ungguh Muliawan ini.

Buku ini disajikan dalam bahasa yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca khususnya para guru. Model-model pembelajaran yang ditawarkan penulis bisa Anda pilih sesuai mata pelajaran yang akan diajarkan.

Jadi, tidak harus semua model dipraktikkan dalam satu materi pelajaran. Di antara model pembelajaran yang dikupas penulis adalah metode teori dan praktik. Model ini sering digunakan oleh guru atau dosen baik di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Teknik pembelajaran teori dan praktik adalah teknik pembelajaran yang menggunakan dasar pengetahuan teoretis serta menerapkan dan melakukannya dalam dunia nyata.

Dalam hal ini, objek belajar (baik guru maupun siswa) tidak hanya dituntut mengetahui dan memahami suatu bentuk pengetahuan dalam dataran teoretis, tetapi juga mampu menerapkan dalam dunia nyata (halaman: 181).

Loading...

Dalam pandangan penulis, teknik pembelajaran teori dan praktik ini hampir sama dengan teknik pembelajaran tekstual dan kontekstual.

Sebagian besar orang bahkan cenderung menyamakan dibanding membedakan keduanya. Meskipun sebenarnya tidak demikian. Perbedaan antara teknik tekstual dan kontekstual dengan teori dan praktik terletak pada objek yang menjadi pembelajaran.

Model yang juga sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode diskusi kelompok. Model ini sangat menyenangkan karena dilakukan dalam kondisi yang lebih santai dan setiap peserta dapat mengemukakan pendapatnya serta menyanggah pendapat yang disampaikan oleh peserta lain.

Metode diskusi kelompok memiliki banyak pengembangan dan aplikasi yang beragam. Metode ini dapat diterapkan di berbagai jenis mata pelajaran mulai ilmu-ilmu sosial sampai ilmu-ilmu pengetahuan umum. Namun, metode ini banyak digunakan pada kelompok ilmu sosial-psikologi-keagamaan dibandingkan ilmu pengetahuan alam dan teknologi (halaman: 193-194).

Selain dua model contoh di atas, masih ada beberapa model pembelajaran yang bisa kita pelajari yang semuanya ada dalam buku terbitan Ar-Ruzz Media ini.

Semoga kehadiran buku ini bisa membantu para guru ataupun calon guru dalam menentukan motode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterima dalam proses belajar-mengajar. Baca, pilih dan praktikkan isi buku ini sesuai kebutuhan Anda.(**)

Judul Buku : 45 Model Pembelajaran Spektakuler
Penulis : Jasa Ungguh Muliawan
Penerbit : Ar-Ruzz Media
Cetakan : I, 2017
Tebal : 287 halaman
ISBN : 978-602-313-063-4

*Alamat : Jl. Raya Prenduan, Kecamataan Pragaan, Kabupaten Sumenep 69465
Email : hasanahwardatul@yahoo.com



Komentar