oleh

Resep Ayam Bumbu Rujak yang Gurih dan Super Lezat

PortalMadura.Com – Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat. Bahan makanan yang satu ini pun mudah ditemukan, baik itu di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya juga terjangkau.

Biasanya, menu yang sering ditemui di rumah makan berupa ayam goreng, ayam kare, ayam woku atau sate ayam. Namun, kali ini Anda bisa membuat sendiri di rumah menu ayam bumbu rujak.

Tidak hanya enak dan lezat, ayam bumbu rujak juga terbilang sebagai salah satu masakan yang menyehatkan. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut ini resep ayam bumbu rujak, seperti dikutip dari Fimela.com, Sabtu (9/11/2019):

Bahan-bahan:

1 kg daging ayam, potong sesuai selera
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sdm air asam jawa
Minyak goreng, secukupnya
100 ml santan kelapa

Baca Juga: Maknyus, Resep Ati Ampela Ayam Bumbu Rujak Enak dan Pedas

Bumbu Halus:

Loading...

5 buah cabai merah besar, buang isi
7 buah cabai keriting
5 buah cabai rawit
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 ruas jari jahe
4 butir kemiri
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
Penyedap masakan, secukupnya jika suka

Cara Membuat:

Cuci bersih daging ayam, lalu tiriskan. Letakkan di dalam wadah, campur dengan air asam jawa dan garam halus secukupnya. Aduk rata, kemudian diamkan hingga air asam dan garam meresap ke dalam daging ayam.

Selanjutnya panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan air secukupnya ke dalam bumbu, masukan daun jeruk, daun salam dan batang serai. Masak bumbu hingga mendidih. Lalu, masukan potongan ayam ke dalam bumbu, aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga ayam matang.

Saat memasak usahakan agar menutup wajan. Hal ini bertujuan agar daging ayam benar-benar matang dan air bumbu tidak mudah asat atau kering. Jika daging ayam sudah matang, tambahkan santan kelapa ke dalamnya, aduk rata dan masak hingga mendidih. Koreksi rasa, tambahkan garam, gula dan penyedap masakan agar olahan semakin tambah nendang. Ayam bumbu rujak siap untuk disajikan bersama nasi putih hangat dan kerupuk. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE