oleh

Resep Ayam Jerit Kemangi untuk Makan Siang

PortalMadura.Com – Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dikreasikan menjadi beragam hidangan lezat. Tidak hanya digoreng dengan tepung terigu, namun juga bisa dikreasikan dengan berbagai bumbu pelengkap. Seperti olahan ayam jerit kemangi yang menyuguhkan sensasi rasa gurih dan menyegarkan.

Sajian ini sangat cocok bagi Anda penyuka pedas. Apalagi dengan tambahan daun kemangi, tentu bisa membuat makan siang Anda semakin lahap.

Lantas, bagaimana cara membuatnya?. Berikut ini resep ayam jerit kemangi, dilansir Okezone dari akun Instagram @lusiaa_vv:

Bahan-bahan:

500 gram dada ayam (tanpa tulang)
100 ml air
2 genggam daun kemangi
4 lembar daun jeruk, sobek-sobek

Bumbu Halus:

100 gram cabai rawit
1 buah tomat buang bijinya
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
2 cm kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai

Loading...

Baca Juga: Ayam Suwir Sajian Enak Penggugah Selera Saat Sahur

Bahan Pelengkap:

Jeruk kunci, secukupnya
Saus tiram, secukupnya
Garam, secukupnya
Lada, secukupnya
Gula, secukupnya
Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:

Cuci bersih daging ayam, lumuri dengan air jeruk kunci dan garam. Marinasi selama kurang lebih 30 menit lalu goreng ayam sampai matang, angkat, dan suwir. Kemudian, panaskan dua sendok makan minyak, tumis bumbu halus dengan api kecil sampai bau langu bumbu hilang. Lalu masukan daun jeruk.

Setelah itu, masukan potongan ayam suwir, aduk rata, tuang air, bumbui dengan saus tiram, garam, lada dan sedikit gula pasir. Lalu, masak sampai bumbu meresap sempurna. Tes rasanya sebelum diangkat, kemudian tambahkan satu sendok air jeruk kunci dan taburi daun kemangi, lalu aduk rata. Angkat dan sajikan. Ayam jerit kemangi siap dinikmati bersama nasi hangat.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE