oleh

Resep Ayam Keluyuk Untuk Menu Makan Siang Keluarga

PortalMadura.Com – Menyantap makanan hasil buatan sendiri di rumah mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan membeli di rumah makan atau restoran. Salah satunya yaitu lebih bersih, karena jika di restoran belum terjamin kebersihannya terutama di dapur.

Memasak sendiri sudah pasti tahu kebersihannya, mulai dari bahan-bahan yang akan dimasak, alat memasaknya dan lain sebagainya. Sehingga, keluarga tidk was-was ketika menyantapnya.

Salah satu rekomendasi menu yang bisa dibuat di rumah yaitu ayam keluyuk. Sebagaimana dilansir okezone.com yang mengutip dari dari instagram @berbagiresep. Penasaran pada resepnya?

Berikut ini resepnya:

Bahan:
350 gr dada ayam fillet, iris tipis
3 siung bawang putih, haluskan
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Bahan tepung
150 gr tepung terigu
100 gr tepung sagu
Merica bubuk
1 butir putih telur

Baca Juga: Disdik Jatim Segera Kroscek Kebenaran Sekolah Tarik Biaya PPDB

Loading...

Bahan Saus:
6 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kasar
50 gr wortel, potong korek api
1/2 buah paprika, potong kasar
3 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
300 ml air
2 sdm gula
1/2 sdt garam
Merica bubuk secukupnya
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:
Pertama, campur ayam dengan bawang putih, garam dan merica. Kemudian campur tepung terigu, tepung sagu, garam dan merica, sisihkan. Di lain wadah, celupkan ayam ke putih telur lalu gulingkan ke tepung, remas-remas sampai rata lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.

Setelah itu cara membuat saosnya, panaskan margarin, tumis bawang putih dan setengah bawang bombay hingga harum lalu masukkan wortel biarkan sebentar lalu masukkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, minyak wijen, gula, garam dan aduk rata lalu masukkan air, masak hingga mendidih. Kemudian masukkan paprika lalu kentalkan dengan larutan maizena aduk sebentar lalu angkat. Siram saus diatas ayam yang sudah digoreng dengan tepung dan sajikan segera.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar