oleh

Resep Bak Dabak, Camilan Khas Prenduan yang Enak dan Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Jika di Palembang ada pempek atau empek-empek, maka di Madura ada bak dabak. Camilan khas Prenduan Sumenep ini berbahan dasar ikan yang dicampur dengan tepung. Makanan ini sangat enak jika dikonsumsi saat masih hangat.

Apalagi dicocol bersama sambal petis, kriuknya itu akan membuat penikmatnya semakin ketagihan. Penasaran dengan rasanya?. Yuk, buat sendiri di rumah. Caranya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit.

Loading...

Ini dia resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

500 gr daging ikan kocol/tengiri
500 gr tepung kanji
1/4 baking powder
2 sendok makan tepung ketan
2 butir telur ayam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbu:

5 siung bawang putih
3 siung bawang merah
Garam secukupnya

Sambal Cocol:

5 cabe rawit
1 sendok petis Madura
2 sendok cuka Madura
1 buah tomat
Secukupnya garam dan gula

Cara Membuat:

Pertama kukus ikan, lalu ambil dagingnya. Haluskan daging ikan dan campurkan dengan tepung sedikit demi sedikit. Masukan baking powder, dan juga tepung ketan.

Kemudian, haluskan bumbu dan masukan ke dalam adonan, uleni sampai benar-benar tercampur rata. Masukkan telur satu persatu sampai tercampur.

Setelah itu, panaskan minyak goreng, lalu bentuk adonan bulat-bulat pipih. Goreng sampai agak kecokelatan, tiriskan. Sementara itu, siapkan sambal cocol, uleg semua bahan sambal sampai halus.

Baca Juga: Penggerebekan Rumah Kos, Polisi Sumenep Amankan 3 Tersangka Pesta Sabu

Terakhir, setelah matang angkat dan jangan terlalu kecokelatan, langsung di santap dengan sambal petis atau sesuai selera. Selesai, camilan bak dabak siap disantap selagi masih hangat. Selamat mencoba. (cookpad.com/Putri)