Resep Ikan Bakar Bumbu Padang Super Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Resep Ikan Bakar Bumbu Padang Super Lezat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain dipepes dan digoreng, ikan juga bisa diolah dengan cara dibakar. Ikan bakar merupakan salah satu makanan paling populer di tanah air. Pasalnya, pengolahan sajian yang satu ini sangat minimalis sekali. Kendati demikian, mengenai cita rasanya tidak bisa diragukan lagi.

Olahan ikan bakar memang banyak penikmatnya. Salah satunya seperti ikan bakar bumbu padang. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Baca Juga: Tolak Revisi RKUHP, Ribuan Mahasiswa Sumenep Demo Kantor Dewan

Berikut , seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (26/9/2019), dari laman Dream.co.id:

Bahan-bahan:

800 gram ikan jenis apa saja
50 ml santan kental
2 lembar daun salam
1 buah jeruk nipis
1 lembar daun kunyit
1 batang serai yang telah dimemarkan
1 sdm minyak goreng
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bumbu Halus:

5 buah cabai merah besar
4 cm lengkuas yang telah dimemarkan
4 cm jahe yang telah dimemarkan
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 buah cabai rawit
2 butir kemiri

Cara Membuat:

Bersihkan ikan dengan membuang insang, sisik serta isi perut ikan. Kemudian, berilah kerat pada tubuh ikan agar bumbu mudah meresap. Lalu, letakkan di mangkok dan tambahkan perasan air jeruk nipis.

Selanjutnya, masukan sebagian bumbu halus ke dalam mangkok. Aduk hingga bumbu tercampur rata. Diamkan selama 1 jam. Lalu, panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukan semua bumbu halus, daun kunyit, serai serta daun salam ke dalam wajan.

Setelah itu, tumis semua bahan tersebut hingga tercium aroma sedap. Tambahkan santan, garam serta gula pasir ke dalam tumisan. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata. Kemudian, masukan ikan ke dalam masakan. Aduk dan tunggu hingga bumbu menyusut. Matikan api dan sisihkan.

Terakhir, panaskan pemanggangan, boleh pakai kompor atau arang. Lalu, oleskan secara merata bumbu bakaran pada tiap sisi ikan. Ketika dibakar, sesekali oleskan bahan olesan yang telah disiapkan. Bakar ikan hingga dirasa sudah matang dengan sempurna. Letakkan di atas piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap lainnya. Ikan bakar bumbu padang siap untuk dihidangkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.