oleh

Resep Kue Lapis Susu yang Kenyal dan Enak

PortalMadura.Com – Di antara Anda pasti pernah merasakan kue lapis. Salah satu kue basah ini mempunyai tampilan yang cantik dan menarik dengan perpaduan warna yang berbeda. Rasanya yang kenyal itu tentu akan membuat penggemarnya merasa ketagihan,

Ada beberapa macam varian kue lapis. Jika biasanya menggunakan bahan dasar santan, kini ada resep baru yaitu menggunakan susu. Tapi kalau soal rasa, kue ini tidak kalah dengan kue lapis yang lainnya.

Mau tahu bagaimana rasanya kue lapis susu?. Yuk ikuti resep di bawah ini:

Resep Kue Lapis Susu

Bahan-bahan:

400 gram tepung terigu
500 gram gula pasir
150 gram tepung kanji
1/4 sendok teh garam
1.400 ml susu
2 butir telur
1/4 sendok teh cokelat pasta
25 gram cokelat bubuk

Cara Membuat Adonan Kue Lapis

Pertama, mengkocok telur yang sudah disiapkan sampai lepas. Jika sudah, siapkan wadah dan masukan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, garam dan gula ke dalam wadah tersebut.

Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata. Jika adonan sudah merata, silahkan bagi adonan menjadi dua bagian dengan banyak sama rata.

Lalu pisahkan adonan pada wadah yang berbeda. Tambahkan cokelat bubuk dan cokelat pasta ke dalam salah satu adonan. Setelah itu, aduk-aduk sampai merata atau hingga warna adonan menjadi cokelat merata.

Cara Membuat Kue Lapis Susu

Siapkan loyang loaf dengan ukuran 11×26 cm. Lalu, olesi loyang tersebut dengan minyak atau margarin secukupnya. Berikan alas plastik pada loyang tersebut. Tuangkan sebanyak kurang lebih 1 sendok sayur adonan putih ke dalam loyang.

Kemudian, masukan loyang pada kukusan dan kukus sampai adonan mengeras atau selama kurang lebih 5 menit. Apabila adonan sudah seperti itu, ambil adonan cokelat dan tuangkan adonan cokelat di atas adonan putih sebanyak 1 sendok sayur. Kukus sampai adonan mengeras.

Setelah itu, kembali tuangkan adonan putih di atas adonan cokelat yang sudah mengeras. Kukus kembali selama 5 menit. Lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan selang-seling antara adonan putih dan cokelat hingga adonan habis.

Jika adonan sudah habis, kukus kue lapis selama kurang lebih 25 menit atau sampai benar-benar matang. Setelah matang, matikan kompor dan keluarkan kue dari loyang. Diamkan beberapa saat hingga kue dingin. Setelah dingin, Anda bisa langsung memotong-motongnya.

Siapkan tempat atau piring saji. Sajikan kue ini pada tempat saji dan hidangkan. Kue lapis susu sudah siap dinikmati. Selamat mencoba. (selerasa.com/Putri)