oleh

Resep Mudah Bakpao Wortel Ayam untuk Bekal Anak

PortalMadura.Com – Sebenarnya ada banyak menu masakan yang bisa dibuat oleh ibu di rumah untuk bekal anak sekolah. Mulai dari nasi bersama lauknya, buah, berbagai sayuran, roti dan sebagainya. Nah, di antara beberapa daftar tersebut, sudahkah Anda mencoba membuat bakpao wortel ayam?.

Anda tidak perlu khawatir dengan nutrisi yang ada di dalamnya. Karena, bakpao ini merupakan salah satu makanan yang sehat dan bergizi untuk si kecil. Selain praktis diolah, bahan-bahan yang digunakan juga terbilang sederhana.

Tidak perlu repot, Anda hanya perlu menyediakan daging ayam dan wortel sebagai isiannya, lalu gunakanlah terigu berprotein tinggi untuk menambah nutrisinya.

Tertarik untuk mencobanya?. Berikut resep lengkap bakpao ayam wortel seperti dilansir Okezone.com yang dikutip dari akun Instagram @nadisyalicious:

Bahan-bahan:

500 gr terigu protein tinggi
115 gr gula pasir
2 gr garam
7 gr ragi
5 gr baking powder
40 gr mentega putih
250 ml air dingin

Bahan Isian:

250 gr fillet Ayam, rebus terlebih dahulu dengan daun jeruk, sereh dan jahe geprek, kemudian haluskan dengan food processor
2 bh wortel, kupas potong dadu, rebus
3 lembar daun jeruk
1 ruas jahe, geprek
1 siung bawang bombai, cincang halus
5 siung bawang putih
2 sdm saus tiram
100 ml santan
Kaldu bubuk secukupnya (kaldu jamur)
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula secukupnya
Ketumbar bubuk dan air secukupnya

Cara Membuat :

Loading...

Pertama membuat isiannya, tumis bawang putih dan bawang bombai terlebih dulu hingga matang. Masukan ayam, wortel, saus tiram, santan, garam, gula, merica, daun jeruk, jahe, ketumbar bubuk, kaldu bubuk. Kemudian, tambahkan sedikit air, koreksi rasa, masak hingga menyusut/matang.

Selanjutnya membuat bakpao, campur bahan kering terlebih dahulu yakni, terigu, gula, baking powder, garam, ragi instan. Mikser dengan kecepatan rendah 1 menit. Lalu, masukan sedikit air dingin, masih dengan speed rendah. Biarkan sampai menggumpal. Matikan mikser dan masukan mentega putih mikser lagi dengan speed yang agak tinggi sampai kalis.

Kemudian, bulatkan adonan, tutup dengan kain basah/wrap. Diamkan 10 menit. Setelah 10 menit, bulat-bulatkan adonan dengan timbangan 45 gr. Tidak perlu diistirahatkan. Terus pipihkan dengan rollong pin. Siap diisi dengan isian ayam wortel.

Terakhir, setelah diisi, taruh di atas kertas cup dan istirahatkan sekitar 45 menit/1 jam, tergantung suhunya. Bila hangat bisa cepat. Panaskan panci pengukus hingga mendidih dan uapnya banyak. Kukus selama 10 menit. Jangan kelamaan biar bakpao tidak keriput.

Baca Juga : Resep Bakpao Isi Daging Ayam Empuk dan Lezat

Catatan: saat mengukus tutupnya beri serbet agar uap air tidak menetes di bakpaonya. Bagaimana, sudah tahu kan cara membuat bakpao wortel ayam?. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE