oleh

Resep Nasi Goreng Spesial Ala Restauran

PortalMadura.Com – Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang digemari oleh semua kalangan anak-anak sampai dewasa. Makanan yang satu ini dapat dinikmati di pinggir jalan hingga di menu restauran ataupun parasmanan.

Nasi goreng ini bisa Anda nikmati bersama keluarga dan sangat cocok dinikmati saat sarapan pagi ataupun untuk makan malam. Selain itu, nasi goreng dapat divariasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya, sehingga banyak jenis nasi goreng di Indonesia. Untuk membuatnya pun tidaklah ribet.

Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan duit untuk mendapatkan nasi goreng. Karena, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan sangat mudah, praktis, dan juga dengan bahan dan bumbu yang mudah untuk didapatkan.

Berikut ini cara membuat nasi goreng yang sangat mudah, praktis, enak, gurih dan lezat ala restauran:

Bahan Utama Nasi Goreng Spesial:

5 piring nasi
75 g smoke beef
2 buah sosis, potong lingkaran
2-3 butir telur ayam
100 g cumi
100 g udang
100 g kacang polong
50 g jamur kancing
100 g daging ayam yang sudah direbus, potong dadu
3 sdm mentega untuk menumis

Bahan Bumbu Nasi Goreng Spesial:

2 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
2 buah cabai merah, iris
1/2 buah bawang bombay, cincang
1 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1 sdm saus tiram
kecap manis secukupnya
sambal terasi secukupnya
garam secukupnya
merica secukupnya

Bahan Pelengkap Nasi Goreng Spesial:

Tomat
Mentimun
Seladah

Cara membuatnya:

Langkah pertama, masukan mentega ke dalam wajan hingga mencair. Kemudian, masukan bawang bombay, bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris hingga harum.

Setelah itu, masukan potongan ayam, tumis. Lalu, masukan udang, cumi, smoke beef aduk hingga merata dan setengah matang.

Selanjutnya, masukan telur hingga tercampur di atas wajan, aduk rata. Kemudian, masukan jamur kancing, kacang polong dan cabai merah. Aduk hingga tercampur. Masukan juga nasi putih dan aduk hingga benar-benar tercampur.

Lalu, masukan bumbu yang diberikan sambal terasi, hingga nasi berubah menjadi merah dan tercampur. Jangan lupa untuk memberikan kecap manis sesuai dengan selera, aduk hingga rata.

Terakhir, masukan bumbu, garam, kaldu bubuk hingga merata, aduk dan hidangkan selagi panas. (selerasa.com/Nia)