Resep Praktis, Yuk Coba Bikin Empek-empek Cumi yang Enak dan Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Resep Praktis, Yuk Coba Bikin Empek-empek Cumi yang Enak dan Lezat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu olahan makanan yang berasal dari Palembang yaitu pempek. Ada banyak olahan pempek yang bisa Anda nikmati, mulai dari pempek rebus, pempek goreng sampai dengan pempek panggang. Semuanya memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Tapi menu yang akan dibuat kali ini yaitu pempek dengan bahan dasar cumi-cumi. Cocok untuk Anda coba bagi yang tidak memilki stok ikan giling di kulkas. Kalau soal rasa tidak perlu diragukan lagi, teksturnya yang kenyal dan tidak amis pasti akan menggugah selera Anda.

Nah, Daripada berlama-lama yuk segera intip resepnya di bawah ini:

Bahan yang dibutuhkan:

Cumi segar sebanyak 500 gram
Sagu/tapioka sebanyak 500 gram
Garam halus sebanyak 1 sdm
Penyedap rasa secukupnya
Telur ayam sebanyak 1 butir
Secukupnya air bersih secukupnya

Kuah Cuka :

Bawang putih sebanyak 3 siung
Cabai keriting sebanyak 6 buah
Cabai rawit sebanyak 3 buah
Tauco asin sebanyak 3 sdm
Garam halus secukupnya
Gula pasir secukupnya
Cuka putih secukupnya
Air bersih secukupnya

Cara membuat Empek-empek Cumi :

Langkah awal, siapkan terlebih dahulu cumi-cuminya. Pisahkan antara bagian kepala dan badan cumi lantas buang tulang plastik serta tinta hitam yang ada di bagian badan cumi. Cuci bersih hingga daging cumi benar-benar bersih dan bebas dari kotoran serta tinta, kemudian tiriskan.

Haluskan cumi menggunakan blender atau chooper sampai daging cumi halus dan lembut. Anda tidak perlu menambahkan air karena nantinya cumi akan mengeluarkan air. Jika sudah halus dan lembut, letakan daging cumi tersebut ke dalam wadah bersih.

Tuangkan tepung sagu ke dalam wadah cumi giling sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Pastikan Anda mengaduk cumi dan tepung dengan benar agar hasil adonan menjadi rata dan menyatu.

Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil tangan terus mengulemi adonan. Aduk semua bahan tersebut sampai tercipta adonan yang kalis atau tidak lengket di tangan. Pastikan juga agar adonan pempek tidak terlalu keras arena nantinya tekstur pempek tidak akan empuk.

Jangan lupa untuk memanaskan dandang atau kukusan dengan menggunakan api sedang sampai air yang ada di dalamnya mendidih.

Bagi adonan pempek cumi dalam beberapa bagian kemudian bentuk bulat memanjang. Lakukan sampai semua adonan habis, kemudian kukus hingga adonan matang dan mengeras, matikan api lalu dinginkan. Potong-potong pempek cumi lalu goreng di atas minyak panas hingga kering dan berkulit kemudian angkat.

Untuk membuat cuka, Anda hanya perlu menghaluskan cabai keriting, cabai rawit seta bawang putih.

Didihkan air lantas masukan bumbu halus serta bahan-bahan lain ke dalam panci. Masak terus sampai air mendidih, jangan lupa cicipi rasanya agar sesuai dengan selera, jika sudah siap matikan api dan dinginkan. Selesai, sajikan pempek cumi dengan kuah cuka sebagai cemilan Anda. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.