oleh

Resep Samosa Isi Daging Ayam Bumbu Kari yang Sedap dan Gurih

PortalMadura.Com – Memasuki bulan Ramadan, yang paling khas adalah berburu kuliner untuk berbuka puasa. Ada banyak menu yang biasanya disajikan untuk mengisi perut yang kosong seharian karena puasa. Salah satunya kudapan sedap dan gurih yaitu samosa isi daging ayam bumbu kari.

Samosa isi daging ayam bumbu kari ini bisa dijadikan camilan berbuka puasa Anda sebelum menyantap makanan berat. Jadi, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah untuk seluruh anggota keluarga. Penasaran dengan resepnya?

Berikut ini cara membuat dan bahannya:

Bahan Kulit:
500 gram tepung terigu serbaguna
310 ml air
2 sdm minyak
1 sdt garam

Bahan Isian:
650 gram daging ayam cincang
3 siung bawang putih
4 butir bawang bombay
1 sdt garam
1 sdm gula
1 sdt lada bubuk
2 sdm bubuk kari instan

Baca Juga: Sumenep Hamburkan Uang Rakyat?

Cara Membuat Kulit:
Campur semua bahan kulit, uleni hingga kalis, istirahatkan selama 30 menit. Kemudian bagi adonan menjadi 4 bagian. Tiap bagian, bagi lagi menjadi lima. Total ada 20 bulatan.

Ambil 5 bulatan, pipihkan jadi 5 lembar adonan kulit. Olesi 4 lembar adonan dengan minyak dan taburi tepung, tumpuk jadi satu. 1 lembar terakhir ditumpuk paling atas tanpa diolesi minyak.

Rapikan pinggiran tumpukan. Gilas jadi satu lingkaran tipis. Panggang masing-masing sisi di teflon panas dengan api kecil selama sekitar 2 menit. Potong menjadi bentuk segi empat. Pisahkan masing-masing lembarannya. Kulit samosa siap digunakan.

Cara Membuat Samosa:
Tumis bawang putih cincang dan bawang bombay yang dipotong dadu sampai harum. Masukkan daging ayam cincang, bumbu rempah-rempah, gula, dan garam. Masak sampai agak kesat. Setelah itu, ambil kulit samosa, bentuk seperti contong, berisi isian daging ayam secukupnya, lipat membentuk segitiag. Rekatkan ujung dan pinggirannya dengan lem terigu dan air.

Panaskan minyak, goreng samosa sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Samosa isi daging ayam bumbu kari siap dihidangkan untuk camilan berbuka Anda dan keluarga. Selamat menikmati!

 

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : fimela.com

Komentar