Resep Tteokbokki Khas Korea Ala Rumahan yang Enak dan Mudah

Avatar of PortalMadura.com
Resep Tteokbokki Khas Korea Ala Rumahan yang Enak dan Mudah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Para pecinta makanan korea atau bagi Anda yang demam drama korea pasti tidak asing lagi dengan jenis makanan satu ini. Ya, jajanan khas Korea Selatan ini bernama tteokbokki yakni sejenis kue berbahan beras yang disajikan dengan saus pedas.

Karena harganya yang lumayan menguras kocek saat dijual di kedai atau restoran, maka tak sedikit pecinta kuliner negeri ginseng ini yang penasaran dengan cara membuat tteokbokki sendiri. Apakah Anda juga penasran?

Sebenarnya cara membuat tteokbokki ini tidak terlalu sulit. Bahan-bahannya pun juga mudah didapat. Mungkin hanya saus gochujang-nya saja yang sedikit menguras kantong.

Namun Anda tetap bisa kok bikin tteobokki, dan dijamin rasanya pun tak kalah enak dengan tteobokki yang menggunakan saus gochujang (pasta cabai khas Korea). Anda bisa menggantinya dengan saus sambal atau saus tomat juga tak kalah enak. Hanya saja, gurihnya memang sedikit berbeda. Nah, agar tidak penasaran lebih lama, berikut langkah-langkahnya.

Bahan:
250 gram tepung beras
3 sendok makan tepung tapioka
Air panas secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu (tanpa gochujang) :
1 buah bawang bombai ukuran sedang
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
2 buah cabai hijau besar
1 sendok makan saus sambal
1 sendok makan saus tomat
1 sendok teh cabai bubuk
1 sendok makan saus tiram
1 gelas air
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:
1 batang daun daun bawang, diiris halus
1 butir telur rebus setengah matang
1 sendok teh minyak wijen
Wijen sangrai secukupnya
Odeng secukupnya (bisa diganti bakso ikan)

Cara membuat tteokbokki:
Campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam. Aduk rata sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni dengan tangan.

Uleni adonan tteokbokki, buat seperti silinder dengan ketebalan sekita 1 cm. Setelah itu potong-potong sepanjang 2 ruas jari.

Rebus adonan tteok di dalam air yang sudah diberi sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Jika sudah mendidih dan tteok mengambang, angkat dari panci. Tiriskan airnya dan sisihkan.

Setelah itu, iris halus bawang bombai, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah.

Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu-bumbu iris tadi sampai harum. Masukkan air, kemudian bumbui dengan saus tiram, saus tomat, saus sambal, gula, garam, dan cabai bubuk.

Masukkan tteokbokki dan odeng/bakso ikan yang sudah dipotong, kemudian aduk hingga merata sambil dituangi minyak wijen. Tunggu sampai kuah mengental dan susut, kemudian angkat dari kompor.

Sajikan tteokbokki di atas piring. Taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang. Belah telur rebus menjadi dua bagian, kemudian letakkan di sampingnya.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Selamat Mencoba. (merdeka.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.