Sapto : Pembangunan Cinema Mall Tak Masalah Secara Regulasi

Avatar of PortalMadura.com
Sapto : Pembangunan Cinema Mall Tak Masalah Secara Regulasi
Pendamping Hukum DPMPTSP Pamekasan Sapto Wahyono (Foto: Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Pendamping Hukum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sapto Wahyono menyampaikan, jika pembangunan cinema mall yang dipersoalkan sejumlah pihak tidak ada masalah secara regulasi.

Menurutnya, proses perizinan pembangunan cinema mall yang berlokasi di Jalan Raya Nyalaran tersebut langsung kepada pemerintah pusat melalui Online Sigle Submission (OSS) sesuai prosedur yang ditentukan. Saat ini semua masyarakat bisa mengajukan perizinan sendiri melalui online.

“Seluruh perizinan di cinema mall yang mengeluarkan OSS, jadi clear. Artinya kecuali dari bapak Bupati mencabut seluruh izin yang bersangkutan, karena dari OSS sudah komitmen penuh, kita ikuti regulasi yang ada,” katanya, Selasa (22/10/2019).

Dalam proses pengajuan izin dengan sistem OSS ini tidak lagi mengharuskan Izin Gangguan atau yang biasa juga disebut HO (Hinderordonnantie). Hanya saja nomer induk pengusaha dan tiga izin prinsip yang meliputi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), izin lingkungan dan izin lokasi, kemudian izin perusahaan yang seluruhnya diproses via online.

“Terakhir rekomendasi dikeluarkan oleh andallalin (analisis dampak lalu lintas) dari Dinas Perhubungan (Dishub). Tidak ada masalah terkait perizinan ini,” tandasnya.

Baca Juga: Bupati Bangkalan: Santri Benteng Pertahanan NKRI

Adapun terkait adanya penolakan dari pihak-pihak tertentu akan menjadi masukan. Tetapi yang jelas, dari sisi regulasi pendirian bioskop tersebut tidak ada yang dilanggar.

Sebelumnya, sejumlah ormas yang meliputi Front Pembela Islam (FPI), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Aliansi Ulama Madura (Auma) melakukan audiensi penolakan dengan DPRD Pamekasan terkait pembangunan cinema mall yang dianggap akan mengundang praktik maksiat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.