oleh

Sebaiknya, Minyak Goreng Tidak Boleh Digunakan Berulang Kali

PortalMadura.Com – Memang rasanya sayang kalau minyak goreng baru dipakai sekali tapi sudah harus dibuang. Minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang untuk mendapatkan masakan lezat dan menggugah selera. Apalagi kalau minyak masih terlihat bening dan tidak banyak kotorannya. Sebenarnya menggunakan minyak bekas boleh-boleh saja.

Tetapi, dengan aturan jika minyak goreng yang dipakai hanya boleh sebanyak dua-tiga kali. Biasanya, minyak goreng yang sudah dipakai lebih dari dua kali atau lebih (minyak jelantah) pun akan terlihat lebih kusam warnanya. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng selalu memiliki rasa yang lebih nikmat.

Namun, saat menggoreng makanan dengan minyak goreng, sebaiknya minyak goreng tidak dipakai untuk menggoreng berulang kali. Minyak bekas ini tidak boleh digunakan berulang kali dan minyak goreng bekas maksimal hanya boleh digunakan sebanyak dua kali. Ketika minyak telah berubah warna dan tekstur, tentu ini sudah sangat tidak baik digunakan kembali. Minyak goreng bekas dipercaya bisa kehilangan nutrisi asam lemak tak jenuhnya.

Loading...

Jika sudah begitu, minyak goreng akan sangat berbahaya buat kesehatan. Minyak goreng bekas bisa memicu sakit pada tenggorokan. Ini mengingat minyak goreng yang telah digunakan berulang kali dan terkena panas secara terus menerus akan membentuk kandungan akrolein yang menyebabkan tenggorokan gatal hingga sakit.

Minyak goreng bekas dengan kandungan lemak jenuh berlebih juga akan memicu kolesterol berlebih pada tubuh. Tak sampai di situ saja, minyak goreng yang digunakan berulang kali juga bisa meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah dan perkembangan jamur di tubuh. Saat menggoreng dengan minyak secukupnya agar minyak tidak ada sisa. Saring minyak setiap kali habis menggoreng.

Jika minyak sudah berwarna kecoletan bahkan hitam, segera ganti minyak dengan yang baru. Selain menghindari aktivitas menggoreng dengan minyak bekas berulang kali, penting bagi kita untuk menghindari menggoreng dengan minyak yang telah lama dipakai apalagi setelah lebih dari 7 hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan semakin bijak lagi dalam memasak ya?


Rewriter: Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar