Sedang PMS? Ini 4 Pola Makan yang Harus Kamu Perhatikan

Avatar of PortalMadura.com
Sedang PMS Ini 4 Pola Makan yang Harus Kamu Perhatikan
Ilustrasi 

PortalMadura.Com – Pada umumnya, saat wanita mengalami akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian bawah perutnya. Kemudian mood nya yang kacau dan gampang tersinggung terhadap suatu hal, pola makan juga yang kemudian kacau, yang kemudian akan berdampak juga pada kesehatannya sendiri.

Berikut ini dilansir dari Medical Daily, Elizabeth Bertone-Johnson dari University of Massachusetts, ada 4 pola makan yang harus diperhatikan saat seorang wanita berada dalam keadaan PMS.

Konsumsi Lebih Banyak Sayuran Hijau

Walau mengonsumsi sayuran hijau memang penting dalam kehidupan sehari-hari, hal ini bakal lebih penting ketika kamu menstruasi. Kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan energi, terutama ketika kamu tidak mengonsumsi daging.

Sayuran seperti bayam, sawi, atau kale dapat menjadi pilihan untuk sayur yang bisa kamu konsumsi. Kamu dapat memperoleh 40 persen dari kebutuhan magnesium harianmu dari berbagai sayuran ini. Kekurangan sumber mineral ini kerap dihubungkan dengan munculnya migrain secara tiba-tiba pada wanita sebelum menstruasi.

Mengurangi Garam dan Gula

“Ketika kamu menginginkan gula, hal ini bisa terjadi karena sebuah alasan,” tutur Elizabeth Somer, pakar diet dari Oregon, kepada WebMD.

Hal ini terjadi karena fluktuasi dari tingkat hormon yang membuatmu mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding biasanya. Kalori ini biasanya berada dalam bentuk lemak, karbohidrat, atau makanan manis.

Dibanding mengonsumsi gula, Somer menyarankan agar wanita yang mengalami menstruasi untuk mengonsumsi biji-bijian. Lebih bagus lagi jika kamu bisa mengurangi konsumsi garam jika kamu rentan mengalami perut kembung, payudara yang lembek, serta bengkak di jari dan tangan.

Konsumsi Susu Rendah Lemak

Jika masalah PMS yang lebih banyak kamu alami melibatkan mood, sebaiknya kamu konsumsi yogurt rendah lemak. Terdapat sejumlah penelitian yang menyebut bahwa kalsium dapat menurunkan serta meredakan berbagai gejala PMS.

Asupan nutrisi ini lebih baik lagi jika berasal dari sejumlah bahan makanan alami. Selain yoghurt, kamu juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak, keju, jus jeruk, atau susu kedelai.

Batasi Alkohol dan Kafein

“Konsumsi alkohol dapat berujung pada dehidrasi yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kram,” ujar seksologis Dr. Marie Stubbs.

Pada 2018, sebuah penelitian di Spanyol menyebut bahwa gejala umum PMS dapat diturunkan dengan mengurangi jumlah minuman yang kamu konsumsi. Konsumsi alkohol disebut memiliki peranan pada perubahan hormon seperti gonadotropin.

Selain alkohol, konsumsi kopi juga perlu untuk dikurangi. Terlalu banyak kafein terutama selepas siang hari dapat menurunkan kualitas tidur sehingga kamu merasa lebih lelah dan memperburuk gejala PMS yang kamu alami.

Empat hal tersebut sebaiknya kamu ingat-ingat ketika PMS melanda. Dengan mengubah pola makan dan minum, gejala PMS yang menyerangmu tiap bulannya bisa jadi tidak terlalu parah.

Itulah 4 pola makan yang harus kamu perhatikan saat ada dalam fase PMS (bagi para wanita). Semoga bermanfaat guys.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.