PortalMadura.com

Sejak 2014, Empat Desa di Manding Kompak Tak Tebus Rastra

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 14:21
Sejak 2014, Empat Desa di Manding Kompak Tak Tebus Rastra
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejak 2014 hingga sekarang, empat desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak menebus bantuan beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra). Keempat desa itu yaitu Desa Manding Laok, Manding Daya, Gadding dan Desa Tenonan, Kecamatan Manding.

“Sesuai catatan kami di pemerintah daerah empat desa itu tidak menebus rastra sejak 2014 hingga sekarang,” kata Kasubag Perekonomian Setkab Sumenep, Moh Sujono, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, di Kecamatan Manding terdapat 11 desa. Dari 11 desa itu, tujuh desa lainnya juga tidak melakukan penebusan rastra sejak Januari 2017 ini dengan alasan Daftar Penerima Manfaat (DPM) rastra tidak sesuai dengan fakta di desa.

Hari Jadi Sumenep

“Jadi 11 desa di Kecamatan Manding sejak Januari hingga bulan ini tidak melakukan penebusan rastra. Padahal kecamatan lain rata-rata sudah lebih dari separuh dari kuota rastra tahun 2017,” ucapnya.

Ia menyampaikan, penebusan rastra secara keseluruhan di Kabupaten Sumenep sejak Januari hingga sekarang baru sekitar 55 persen dari total pagu dalam setahun sebanyak 23 juta 42 ribu ton dengan jumlah 128 ribu 16 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Di Sumenep terdapat 27 kecamatan, terletak di wilayah daratan dan kepulauan. 27 kecamatan itu terdiri dari 126 pulau.

“Bulan September lalu kami ke Manding menemui camat, agar desa segera melakukan penebusan rastra. Tapi belum ada kesepakatan atau belum membuahkan hasil,” jelasnya. (Arifin/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional