oleh

Sejak 2016, Sembilan SD di Pamekasan Digabung

PortalMadura.Com, Pamekasan – Tercatat ada 9 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang di-regrouping (digabung) sejak tahun 2016 lantaran siswa di bawah batas minimal. Terakhir regrouping dilakukan di SDN 1 Rombuh, Desa Rombuh, Kecamatan Palengaan.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan, Rusdiadi mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian dan evaluasi terhadap sejumlah SD lain yang siswanya minim, apakah akan di-regrouping seperti 9 SDN sebelumnya atau tidak.

“Kita kaji dulu, misalnya jarak dengan sekolah lain dekat atau tidak, sehingga sekolah tetap atau di-regrouping. Kemudian siswanya yang sangat minim dan tidak memenuhi ketentuan, Insya Allah kami regrouping tapi bagaimana pun kita tetap lakukan evaluasi dulu, kajian bersama tim yang dibentuk oleh dinas pendidikan,” katanya, Jumat (30/11/2018).

Loading...

Adapun SDN yang di-regrouping, siswa diberi kebebasan dalam memilih sekolah lain. Sekolah yang siswanya dianggap sedikit adalah SDN yang memiliki siswa di bawah 50 orang. Apabila siswanya di bawah jumlah tersebut akan dipertimbangkan untuk di-merger dengan SDN terdekat.

“Kami sekarang juga melakukan kajian terhadap SDN Baru Rambat Timur 2 Kecamatan Pademawu untuk di-regrouping, karena siswanya yang sedikit. Kalau siswa semakin sedikit mungkin kita akan melakukan regrouping, tetapi kalau banyak insya Allah tidak,” tandasnya.

Pihaknya senantiasa melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah di bawah serta pemahaman kepada masyarakat sekitar supaya SDN tidak semakin ditinggalkan masyarakat. Tentu, inovasi pengelola atau kepada sekolah sangat diperlukan agar sekolahnya tetap diminati masyarakat. (Marzukiy/Putri)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE