oleh

Siasati Harga Daging, Warga Sumenep Patungan Sembelih Sapi

PortalMadura.Com, Sumenep – Untuk mensiasati harga daging sapi dipasaran, warga Desa Gadding, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur patungan membeli sapi untuk disembelih pada Lebaran Idul Fitri 1437 hijriyah.

Disejumlah pasar tradisional Sumenep, harga daging sapi mencapai Rp120 ribu per kilogramnya, sementara jika patungan, anggota kelompok yang melakukan patungan beli sapi itu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp150 ribu sudah mendapatkan daging kualitas bagus seberat 1,5 kilogram ditambah daging yang melekat pada tulangnya (daging kualitas rendah).

“Setiap anggota membayar uang sebesar Rp150 ribu. Daging yang diterimanya seberat 1,5 kilogram tiap anggota,” ucap ketua kelompok patungan, Moh Jalal, Selasa (5/7/2016).

Menurutnya, dari 38 orang anggota terkumpul uang sebesar Rp5.700.000. Uang yang terkumpul itu dibelikan sapi dan disembelih bersama-sama dan dibagi bersama-sama pula.

“Ini memang setiap tahun seperti ini, lumayan ringan bagi anggota. Ada pertemuan setia minggu antar anggota,” ucapnya.

Patungan itu tidak hanya disatu tempat, melainkan di Desa Aeng Merah, Kecamatan Batu Putih, Sumenep juga patungan menjadi tradisi tahunan. Karena dengan patungan itu bisa mempermudah masyarakat setempat.

“Kalau disini anggotanya banyak, mencapai 62 orang. Uang yang terkumpul sebanyak Rp9.300.000. Pembagian dagingnya pun kisaran 1,5 kilogram per orang, ditambah daging yang jelek-jelek dan tulang-tulang,” kata Zakariyah, warga Aeng Merah. (arifin/choir)