Tak Berkategori  

Studi : Ternyata Durasi Menguap Dapat Ungkapkan Ukuran Otak

Avatar of PortalMadura.Com
Studi : Ternyata Durasi Menguap Dapat Ungkapkan Ukuran Otak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap mahkluk hidup pasti pernah , begitupun dengan manusia. Menurut sebuah penelitian, menguap merupakan kebutuhan biologis untuk membantu otak tetap dalam suhu yang dingin. Bahkan, penelitian lain menyebutkan menguap bisa memasok oksigen ke otak.

Penelitian yang baru dirilis di jurnal Biology Letters, menyebutkan, durasi menguap tergantung makhluk hidup. Semakin lama waktu menguap, semakin besar otaknya.

Untuk melakukan pengujian, para peneliti menonton 29 mamalia berbeda yang tengah menguap. Termasuk tikus, kucing, serigala, landak, anjing laut, gajah, dan manusia. Hasilnya, mereka menemukan satu pola: binatang dengan otak kecil memiliki neuron lebih sedikit. Sehingga pengerutan lapisan luar yang disebut korteks, lebih sedikit.

Mamalia berotak kecil, menguap lebih pendek dari pada yang berotak besar,” kata seorang peneliti.

Primata cenderung menguap lebih lama ketimbang non-primata. Manusia yang memiliki neuron kortikal sekitar 12 triliun, menguap paling lama. Waktu tersingkat manusia menguap tercatat 6 detik. Sebaliknya, tikus memiliki waktu menguap paling sebentar, yakni 1,5 detik.

Peneliti juga menyebutkan, bahwa menguap berdampak pada psikologis. Dampaknya antara lain meningkatkan aliran darah ke otak dan menurunkan suhunya. (tempo.co/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.