oleh

Sumber Api Kebakaran Pasar Anom Dari Kios Rempah-Rempah

PortalMadura.Com, Sumenep – Miyanti (50), warga Desa Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terkejut saat Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya terlihat lebih detil melakukan olah Tempat kejadian Perkara (TKP) di bekas kiosnya yang sudah jadi arang.

“Kok bisa ya, sumber api itu dari kios saya. Padahal, cuma ada barang dagangan seperti rempah-rempah, minuman gelas dari plastik, tidak ada barang lain yang mudah terbakar maupun meledak,” terang Miyanti, Jum’at (7/3/2014).

Di dalam kios itu, juga ada kipas angin, radio dan lampu putih berukuran besar. Kipas hanya dipakai sewaktu-waktu, radio dihidupkan setiap hari, dan dimatikan setelah mau tutup. “Semua stop kontak sudah dicabut, kecuali lampu putih besar memang dinyalakan saat akan pulang,” urainya.

Sementara, Abu yasid (55), petugas Satuan Pengamanan (Satpam) Pasar Anom Baru kota Sumenep, membenarkan jika munculnya titik api berasal dari kios blok CS (bukan DS) yang ditempati berjualan rempah-rempah oleh Miyanti (50).

Dia bersama 4 rekannya sesama Satpam, sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun api dengan cepat merambah ke kios lainnya yang ada disekitar lokasi titik api.

“Pemadam kebakaran sebenarnya tidak terlambat, hanya tidak bisa masuk ke lokasi titik api, karena terhalang dengan lapak para pedagang, air disemprotkan dari jarak jauh, sehingga tidak mampu melokalisir api,” tandasnya. Tim Labfor Mabes Polri Bawa Sampel Abu Pasar Anom Sumenep

Kebakaran yang meludeskan kios dan stand sandal, kain, baju, peralatan dapur, sembako, dan rempah-rempah terjadi sekitar pukul 19.20 Wib, Rabu (5/3/14).  Kebakaran itu menghanguskan 600 kios dan stand permanen.(udein/htn)



Komentar