Telkom Gelar Dialog Ekosistem untuk Pengembangan Startup Berkelanjutan

Avatar of hartono
Telkom Gelar Dialog Ekosistem untuk Pengembangan Startup Berkelanjutan
Indigo

PortalMadura.Com – Indonesia melalui program Indigo berkolaborasi dengan PrivyID, Komunitas Startup Jogja (KSJ), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengadakan acara Dialog Ekosistem. Bertempat di IndigoHub Jogja, acara ini mempertemukan ekosistem bisnis dengan ekosistem digital di Yogyakarta dan sekitarnya. Hadir beberapa pembicara, antara lain Yosua Arinto dari Indigo, Ricky Winarta dari PrivyID, Ade Rahadian dari KSJ, dan Yosep Andi Setiawan dari HIPMI Bantul. Acara yang berlangsung Kamis, 6 Juni 2024, dihadiri lebih dari 70 peserta dari berbagai instansi dan komunitas digital.

Dialog Ekosistem kali ini mengangkat tema “How Startup Ecosystem Warm Up the Industries During Winter Tech”. Diharapkan para pemain kunci dari ekosistem bisnis dan digital dapat saling memahami masalah dan kebutuhan masing-masing, sehingga tercipta output yang mengakselerasi pertumbuhan kedua ekosistem. Kegiatan ini juga mewujudkan ruang kebersamaan antara pemangku kebijakan yang terkait dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan dan teknologi di Yogyakarta dan Indonesia.

“Acara ini menjadi inisiasi yang bagus agar kita dapat melihat berbagai perspektif antar pemangku kepentingan, sehingga harapannya dapat saling bergandengan tangan menciptakan ekosistem startup yang berdampak baik dan berdaya saing,” ujar Riza A. N. Rukmana, VP DSG DDB Telkom Indonesia.

Sejak 2013, program Indigo telah membantu lebih dari 200 perusahaan rintisan digital di Indonesia, fokus meningkatkan inovasi dan bisnis. Melalui program ini, Telkom berkomitmen mendukung ekosistem startup digital untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tujuannya agar startup berperan dalam penciptaan lapangan kerja, meningkatkan kualitas pendidikan, kesejahteraan, dan berkontribusi pada ekonomi berkelanjutan melalui solusi dan inovasi.

“Kolaborasi antar pemerintah dan komunitas akan menciptakan ekosistem startup yang kuat dan dipercaya masyarakat,” ujar Yosep Andi Setiawan. Ricky Winarta menambahkan bahwa Dialog Ekosistem ini dapat memberikan gambaran bagi para ekosistem mengenai keresahan para stakeholders dan masyarakat. “Ruang diskusi ini menjadi langkah solusi yang baik dalam menjembatani ekosistem bisnis dan digital,” ujarnya.

Acara ini memberikan ruang kepada peserta untuk mengembangkan startup yang potensial dan berdaya saing. Harapannya acara ini dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan wawasan baru atas peranan setiap ekosistem untuk bersatu dan mencapai tujuan yang sama untuk ekosistem startup yang inklusif dan berdaya saing secara dan global.

Tentang Indigo

Indigo adalah inkubator dan akselerator startup digital yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia. Kami membina startup dengan membuat program bervariasi dari pendirian hingga pertumbuhan, membantu mereka melalui proses sinergi untuk menciptakan startup digital terbaik di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.