oleh

Ternyata Cara Anda Isi Baterai Selama Ini Salah, Begini yang Benar

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengecas smartphone-nya. Ada yang dicas lalu dibiarkan begitu saja, ada yang sambil memainkan handphone-nya dalam keadaan dicas. Cara tersebut sudah dianggap benar menurut dirinya sendiri.

Tapi siapa sangka, jika beberapa cara Anda selama ini tanpa disadari ternyata keliru. Hal ini terungkap dalam laporan Cadex, sebuah perusahaan yang menawarkan vendor untuk menguji smartphone dan baterai lainnya.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa Anda pakai untuk menjaga kualitas baterai smartphone agar tetap awet dan beroperasi optimal. Mau tahu?. Yuk intip:

1. Ada baiknya Anda mengisi daya smartphone sedikit demi sedikit, kapan pun Anda memiliki kesempatan. Tidak perlu lama-lama, hanya beberapa menit pun sudah cukup. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sedang dalam perjalanan.

2. Jangan tunggu hingga daya baterai smartphone habis total, baru Anda hubungkan ke stop kontak. Banyak pengguna yang menyarankan hal ini, namun ternyata cara ini berpotensi memperpendek masa pakai baterai.

3. Usahakan agar tingkat daya baterai smartphone Anda berada di antara 65 persen dan 75 persen. Jika dirasa sulit, Anda juga bisa usahakan untuk berada di antara 45 persen hingga 75 persen.

4. Berhubung kebanyakan smartphone saat ini sudah pakai lithiumion, ada baiknya Anda tidak ngecas baterai hingga penuh. Ini dikarenakan tegangan tinggi bisa ‘menekan’ baterai dan memperpendek masa pakai baterai.

5. Jika Anda memutuskan untuk mengabaikan poin di atas, kabar baiknya Anda tidak perlu mencopot smartphone dari charger-nya meskipun daya baterai sudah terisi penuh.

Hal ini dikarenakan charger baru akan secara otomatis mati ketika baterai smartphone terisi hingga 100 persen. (merdeka.com/Putri)



Komentar