oleh

Tim Rukyat Sumenep Pantau Hilal di Pantai Taneros, Begini Hasilnya

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Rukyatul-Hilal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan pemantauan hilal di Pantai Taneros, Kecamatan Ambunten, Selasa sore (15/5/2018).

Tim yang terdiri dari unsur Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Kesmas Pemkab Sumenep, Organisasi kemasyarakatan dan keagamaan itu gagal melihat hilal (bulan sabit/ awal bulan baru).

“Cuaca mendung, sehingga kita tidak bisa melihat hilal,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, Drs. H. Moh. Bakri, pada PortalMadura.Com di lokasi.

Ia menjelaskan, berdasarkan hitungan, keadaan hilal sesaat setelah Matahari terbenam masih di bawah ufuk. “Artinya masih min satu, 36 derajat. Kalau masih min satu sulit untuk dilihat,” katanya.

Namun, hasil dari pemantauan tersebut tetap akan dilaporkan pada pemerintah pusat. “Untuk puasa, ya menunggu pengumuman resmi dari pemerintah,” ujarnya.

PortalMadura.Com mencatat, lokasi yang dilaporkan ke Kementerian Agama (Kemenag) Pusat untuk melihat hilal di wilayah Kabupaten Sumenep, selain di Pantai Teneros Ambunten, juga di Pantai Sapo, Desa Sergang, Kecamatan Batuputih, Sumenep, dan Pantai Kalisangka, Kangean Sumenep. (Hartono)