Tips Public Speaking di SMA Bunda Hati Kudus

Avatar of hartono
Tips Public Speaking di SMA Bunda Hati Kudus
Coach Priska Sahanaya Group, SMA Bunda Hati Kudus

PortalMadura.Com, Kudus – Pentingnya Melatih Public Speaking Pada Anak Usia Sekolah Public speaking adalah keterampilan komunikasi penting yang membentuk citra positif di berbagai lingkungan, termasuk masyarakat, akademik, dan profesional. Keterampilan ini memungkinkan pembicara untuk menginspirasi audiens dan menyampaikan ide secara efektif. Selain itu, public speaking juga melatih kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperkuat kepemimpinan, menjadikannya penting untuk diajarkan sejak dini melalui kurikulum sekolah.

Public Speaking Interaktif dalam Menginspirasi Audiens

Pengajaran public speaking kepada anak-anak usia sekolah membutuhkan dukungan dan arahan dari orang tua, guru, serta praktisi di bidangnya. Salah satu praktisi yang aktif berkontribusi adalah Coach Priska Sahanaya S.Ars, C.PS, CP.NLP, CH, CHt, CHCS, CSES, CECS. Pada Mei 2024, Coach Priska Sahanaya mengadakan workshop bertajuk “Impactful Public Speaking” di SMA Bunda Hati Kudus. Dalam workshop tersebut, Coach Priska menjelaskan berbagai aspek penting dalam public speaking yang efektif, seperti menyampaikan materi inspiratif, memilih isi materi dengan selektif, dan pentingnya interaksi dengan audiens.

Materi inspiratif harus memiliki pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Penyampaiannya juga harus menarik, dengan memanfaatkan penguasaan panggung, gestur tubuh, dan intonasi suara yang meyakinkan. Coach Priska juga menyoroti pentingnya storytelling yang singkat dan padat, menggunakan pengalaman pribadi atau cerita unik yang relevan dengan topik untuk mempertahankan perhatian audiens. Ekspresi dan cara pembicara membawa diri juga turut berperan penting dalam menciptakan suasana yang memikat audiens secara psikologis.

Coach Priska Sahanaya mengajak salah satu siswa untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya melalui kegiatan sharing di depan kelas. Sumber gambar: Dok Pribadi.

Pemilihan dan Penyampaian Materi

Untuk lebih meyakinkan audiens, materi harus dipilih dengan cermat. Poin-poin singkat yang efektif perlu didukung oleh contoh-contoh seperti foto, ilustrasi, hasil survei, atau untuk memperkuat poin yang disampaikan. Isi materi yang dipilih juga bisa menciptakan suasana tertentu, misalnya dengan menambahkan contoh iklan lucu untuk menghibur audiens.

Metode Interaktif dalam Presentasi

Selanjutnya, presentasi bisa dilakukan dengan metode interaktif untuk melibatkan audiens selama sesi berlangsung. Komunikasi arah akan menjaga perhatian audiens karena mereka memiliki kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, sehingga audiens tidak hanya pasif mendengarkan saja selama sesi.

Coach Priska Sahanaya bersama siswi yang memenangkan medali penghargaan dari Priska. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Metode interaktif ini juga diterapkan oleh Coach Priska Sahanaya selama sesi berlangsung. Coach Priska Sahanaya mengajak -siswi SMA Bunda Hati Kudus untuk berpartisipasi dalam sesi tanya jawab tentang public speaking dan memberikan tantangan untuk tampil di depan kelas menunjukkan kemampuan public speaking mereka. Siswa-siswi yang berpartisipasi akan mendapatkan poin yang diakumulasikan di akhir acara, dengan siswa atau siswi yang memiliki poin terbanyak akan menerima medali dari Coach Priska Sahanaya. Hal ini mendorong semangat para siswa-siswi untuk aktif berpartisipasi selama acara berlangsung.

Testimoni Guru

Image

Guru-guru yang hadir dalam workshop juga memberikan tanggapan positif. Suster Veronica, kepala sekolah SMA Bunda Hati Kudus, menekankan pentingnya workshop ini bagi siswa-siswi, “Kami merasa bahwa public speaking sangat penting, jadi perlu belajar banyak hal tentang bagaimana berbicara dengan orang lain agar segala informasi yang tersampaikan itu dapat tersampaikan dengan baik. Selama sesi cukup baik terbukti dari antusias mereka untuk menjawab pertanyaan atau bergabung di dalam setiap game-game yang diberikan,” ujarnya.

Selaku wakil kepala sekolah, Bapak Samuel Fabianus, menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksanaan workshop ini, “Selama workshop berlangsung kami merasa sangat terinspirasi terutama anak-anak bisa mengikuti semua sesinya dengan baik dan banyak kegiatan yang memang semakin mampu membuat anak buat semakin pede contohnya tadi ada beberapa kegiatan, mereka diminta untuk mencoba praktik-praktik langsung seperti apa public speaking yang baik dan itu sangat membantu mereka,” ungkapnya.

Ibu Fitri Anita Sitorus, guru mata pelajaran PPKn, menekankan pentingnya keterampilan public speaking bagi siswa-siswi, “Public speaking perlu ditingkatkan untuk presentasi ketika di dalam grup. Selama sesi berlangsung, anak-anak cukup antusias untuk meneliti tentang public speaking karena memang salah satu permasalahan yang sering ditakuti oleh anak,” katanya dengan senyum.

Ibu Tian Tania, guru BK, juga berkomentar tentang workshop ini, “Seminar tentang public speaking ini membantu anak-anak supaya lebih bisa untuk berinteraksi di depan umum, menyampaikan pesan dengan kalimat yang lebih efektif, lalu agar mereka juga bisa menumbuhkan sikap berani di dalam diri mereka untuk mengungkapkan pendapatnya. Selama sesi berlangsung, menurut saya anak-anak semuanya antusias dan materi yang dibawakan cukup membawa banyak dampak positif untuk mereka, dalam hal individu juga,” jelasnya.

Coach Priska membawakan sesi di SMA Bunda Hati Kudus. Sumber gambar: Dok Pribadi.

Harapan dan Pesan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya berharap dengan diadakannya workshop public speaking di SMA Hati Kudus akan mendorong keinginan siswa-siswi untuk terus belajar dan berani dalam mengeksplorasi potensi dan minat yang mereka miliki. Menurut Coach Priska, kemampuan public speaking yang disampaikan dengan rasa percaya diri dan meyakinkan akan membuka berbagai pintu kesempatan yang luas dalam kehidupan sosial dan karir para siswa-siswi di masa mendatang.

Coach Priska Sahanaya, yang telah menyelenggarakan workshop public speaking di ratusan sekolah, kini berencana melanjutkan kegiatan workshop ini hingga mencapai 1000 sekolah di Jakarta, mulai dari tingkat , SMP, SMA, hingga SMK.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan training public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini:

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Penulis: Ikhsan Dwi Nandito dan Anggi Tresna Santika

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.