oleh

TP PKK Kabupaten Sumenep Gelar Seminar Kewirausahaan

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar seminar kewirausahaan di Gedung Graha Wiraraja I, Universitas Wiraraja, Rabu (25/9/2019).

Bertajuk Entrepreneurship Era 4.0, seminar ini diikuti oleh anggota PKK dan anggota binaan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) serta mahasiswa kelompok kewirausahaan Unija.

Pada kesempatan tersebut, panitia menghadirkan Indah Purnawanti seorang Founder & Designer Indah Mutiara Lombok sebagai pemateri kewirausahaan. Kemudian pemateri dari perbankan yakni Bank Jatim dan BPRS Syariah.

Selain menyuguhkan materi kewirausahaan, seminar ini juga memberikan pemahaman tentang publik speaking bagi pengusaha dan calon pengusaha.

“Menjadi pedagang dan pengusaha itu beda. Pedagang jualan sekarang, hasilnya buat jualan lagi besok. Kalau pengusaha itu bagaimana usahanya terus berkembang. Jadi, bagaimana pemikiran lebih luas lagi, lebih panjang lagi, tidak hanya hari ini,” jelas Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim.

Loading...

Menurutnya, untuk menjadi seorang pengusaha, ada enam cara yang harus dilakukan yakni mengubah atau memperbaiki mindset (pola pikir), harus percaya diri dan selalu berorientasi masa depan.

Kemudian yang paling penting adalah berani mengambil risiko, kreatif dan inovatif.

“Dan juga publik speaking (berbicara di depan umum) ini tentu saja saya berharap, dalam menjalankan usaha, berjualan kan ketemu orang. Kita berkomunikasi ada skill-nya, ada tambahan ilmunya bagaimana berinteraksi, berjualan berhadapan dengan orang sehingga orang itu lebih tertarik dengan jualan kita,” terangnya.

Adanya kegiatan ini, pihaknya berkeinginan bisa memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat, sehingga usaha mereka terutama binaan PKK UP2K ada perkembangan.

“Kita lihat dulu, mereka ada perubahan gak setelah mendapatkan ini. Ini juga usaha bagaimana menjaga usaha kecil dan menengah, kalau yang kecil-kecil ini sudah mulai tumbuh maka akan menjadi besar,” tandasnya.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar