oleh

TP PKK Kabupaten Sumenep Lakukan Pembinaan Calon Peserta UP2K

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar sosialisasi pembinaan peserta UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dan evaluasi kelompok binaan PKK Sumenep, Selasa (16/7/2019).

Sosialisasi yang berlangsung di hotel Utami Sumekar ini diikuti seratus peserta calon penerima UP2K dengan pemateri melibatkan dinas terkait di lingkungan Pemkab Sumenep.

Di antaranya, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Kemudian dari Bapemas Provinsi Jatim, serta perwakilan TP PKK Provinsi.

“Kenapa kami lakukan pembinaan dulu?. Agar mereka paham terkait administrasi tentang apa itu UP2K, tentang apa itu yang akan diupayakan, diusahakan oleh kelompok-kelompok UP2K,” terang Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi.

Loading...

Dijelaskan, UP2K sendiri adalah upaya untuk peningkatan pendapatan keluarga dalam bidang usaha ekonomi produktif yang menghasilkan nilai tambah sebagai tambahan pendapatan keluarga dan diprioritaskan bagi keluarga yang kurang mampu.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk usaha peningkatan pendapatan keluarga. Mereka bisa melakukannya dengan kelompok maupun perorangan yang telah mendapat pembinaan oleh instansi atau lembaga terkait dan TP PKK kabupaten yang dikoordinasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk selanjutnya akan dilakukan monitoring dan dievaluasi oleh TP PKK guna mengetahui perkembangan usaha kelompok UP2K baik secara kuantitas maupun kualitas.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari (15-18/7/2019) yang dibagi menjadi dua gelombang dari sembilan kecamatan.

Gelombang pertama selama dua hari yakni 15-16/7/2019. Gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 17-18/7/2019.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar