Umat Islam Wajib Tahu, Ini 7 Penyebab Terjadinya Bencana

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam Wajib Tahu, Ini 7 Penyebab Terjadinya Bencana
ilustrasi

PortalMadura.Com – Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia diresahkan dengan terjadinya musibah yang beruntun di beberapa kota. Mulai dari terjadinya gempa bumi yang dahsyat hingga tsunami yang memakan korban.

Dari beberapa bencana tersebut, sudah seharusnya umat Islam benar-benar bertobat, merenung dan bermuhasabah atas apa saja yang pernah dilakukan, baik sebagai pribadi antara manusia sebagai hamba ciptaan-Nya dengan Allah sebagai Sang Khaliq maupun sebagai anak bangsa dalam perilakunya di negeri tercinta.

Wahai peduduk Indonesia yang diberi iman oleh Allah, dengan musibah yang beruntun menghantam negeri ini, tidakkah Anda menyadari bahwa alam benar-benar sedang menasihati Anda.

Untuk itu, camkanlah tujuh amal penyebab musibah yang beruntun menimpa Anda berikut ini:

Dosa yang Sangat Besar
Dalam surah Yassin ayat 19 dijelaskan dengan terang benderang, bahwa kemalangan demi kemalangan, musibah yang susul-menyusul, semua itu terjadi karena dosa keterlaluan Anda kepada Allah.

Kedurhakaan dan Kezaliman
Surah al-Qasas ayat 59 menerangkan, Allah tidak akan menghancurkan suatu daerah, kecuali para penduduknya yang berbuat zalim. Anak durhaka kepada orang tua, istri berani kepada suaminya, banyak perampokan, pembunuhan, dan perzinaan. Kezaliman dan kedurhakaan yang tidak bertepi ini pengundang cepat bala bencana.

Perusakan Alam yang Sistemis dan Masif
Surah Ar- Rum ayat 41 mengingatkan, telah tampak kerusakan di daratan dan lautan karena ulah tangan-tangan jahil manusia, agar mereka merasakan akibat perbuatannya dan mereka kembali kepada-Nya.

Pemimpin Maksiat dan Zalim Kepada Rakyatnya
Baca dengan iman, wahai penduduk Indonesia yang mulia, “Bila kami ingin menghancurkan suatu negeri, para tokohnya diingatkan untuk taat kepada Allah, tapi mereka maksiat, tapi mereka berbuat zalim, tapi mereka berkhianat kepada-Ku dan makhluk-Ku, maka haklah untuk mereka datang bala bencana”.

Ingat azab yang dialami sejumlah kaum sebelum Rasulullah, antara lain kaum Adh, kaum Samuth, kaum Luth, dan kaum Nuh. Mereka Allah hancurkan sehancur-hancurnya. Lalu siapa tokoh itu?. Para pemimpin Anda yang disumpah Alquran di kepalanya.

Demi Allah tidak korupsi, lalu korupsi. Siapa lagi?. Hartawan atau orang-orang kaya yang dengan hartanya berfoya-foya, sombong, maksiat dengan kekayaannya di tengah banyak orang yang menderita. Siapa lagi?. Ulama yang menjual ayat-ayat Allah dengan murah.

Orang Baik Diam
Bukannya tidak ada orang baik. Banyak orang baik di negeri ini. Tapi mereka lebih memilih diam. Dan melakukan pembiaran terhadap kejahatan serta kemungkaran.

Alquran Surah al-Anfal ayat 25, “Takutlah kalian dengan musibah yang tidak hanya menimpa orang yang maksiat, orang yang berbuat zalim, tapi juga kalian yang saleh.” Maka, masa bodoh dengan kemaksiatan bukanlah sikap seorang Mukmin. Amar ma’ruf nahi mungkar adalah amal cerdas orang yang beriman”.

Rahmat Allah
Musibah katanya sebuah peringatan agar manusia kembali ke jalan-Nya. Dengan musibah Allah hadirkan mahkamah kesadaran Anda bahwa ini adalah sebuah jalan untuk kembali (baca QS al-Baqarah, 2: 155-157).

Teguran agar Tetap Bersabar
Musibah pun dapat dijadikan pelajaran agar semakin giat beribadah dan berbuat baik. Bagaimana yang maksiat tapi selamat?. Mereka tenang-tenang saja. Yang berbuat zalim, malah sukses?. Di mana keadilannya?.

Allah Maha adil, “Barang siapa mencari kemenangan dunia lalu dia menghalalkan semua cara, apa kata Allah? ‘Kami beri, tapi di akhirat tidak mendapatkan secuil pun kenikmatan, malah nikmat di dunia yang menjadi bahan bakar azab untuk dirinya. Itulah istidraj, orang beriman menjadikan peristiwa apa pun sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah,” (QS Hud, 15-16). Wallahu A’lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.