Umat Muslim, Ini Pembahasan soal Memanjangkan Janggut

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Pembahasan soal Memanjangkan Janggut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini beredar pendapat yang mendiskreditkan salah satu sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Sunnah tersebut yakni .

Mereka mengatakan, orang-orang Cina, para biksu, dan Yahudi ortodok juga memanjangkan janggut, maka memakai janggut juga dapat dikatakan tasyabuh (menyerupai) orang kafir. Sehingga sekarang kita harus menyelisihi mereka dengan mencukur janggut.

Bagaimana menanggapi hal di atas? Mari kita bahas bersama.

Berikut penjelasan Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin dalam ta'liq (komentar) beliau terhadap kitab Iqtidho' Ash Shirothil Mustaqim, hal. 220, karangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.

Beliau rahimahullah mengatakan, ”Ini sungguh kekeliruan yang besar. Karena larangan ini berkaitan dengan memelihara janggut. Jika saat ini orang-orang kafir menyerupai kita, maka tetap saja kita tidak boleh berpaling dari apa yang telah diperintahkan walaupun mereka menyamai kita.”

Di samping memelihara janggut untuk menyelisihi orang kafir, memelihara janggut adalah termasuk fitrah (yang tidak boleh diubah sebagaimana penjelasan di atas). Sebagaimana disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “ada sepuluh fitrah, di antaranya memelihara (membiarkan) janggut'. Maka dalam masalah memelihara janggut ada dua perintah yaitu untuk menyelisihi orang kafir dan juga termasuk fithrah.”

Dengan demikian, tidak perlu diragukan lagi bahwa menumbuhkan janggut bukanlah sikap seorang muslim meniru orang kafir pada saat ini namun sebaliknya. Namun hal ini sudah disunnahkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam sejak dulu. Jika orang-orang yang bukan non muslim memanjangkan jenggotnya hanya demi penampilan, Kita sebagai umat muslim melaksanakannya sebagai ibadah yang sesuai dengan sunnah Rasullullah. Semoga kita tetap istiqomah menjalani sunnah sunnah Nabi serta menjalankan Ibadah serta perintah-Nya, Amin. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.