Umat Muslim, Ketahui Bacaan Salat Sunah Subuh yang Dianjurkan dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ketahui Bacaan Salat Sunah Subuh yang Dianjurkan dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam Islam terdapat salat wajib dan salat sunah. Salat wajib adalah salat lima waktu, sementara salat sunah adalah selain salat lima waktu. Ada banyak macam salat sunah, salah satunya adalah salat sunah rawatib, atau salat sunah yang dikerjakan sebelum dan sesudah salat wajib.

Salat subuh ialah salat yang mungkin bagi sebagian orang sulit untuk dilaksanakan dengan tepat waktu karena sulit untuk bangun pagi, Salat sunah sebelum subuh dilaksanakan sebelum salat subuh itu sendiri dilakukan dan dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah sebab merupakan salat

Syeikh al-Nawawi dalam Nihayatul Zein menjelaskan bahwa di antara salat sunah yang dianjurkan adalah salat sunah sebelum salat subuh. Dalam istilah fikih, salat sunah sebelum subuh ini ada yang menamakan salat sunah fajar dan ada yang menyebut . Pada saat niat, keduanya bisa disebutkan.

Salat sunah subuh ini dianjurkan karena Rasulullah memang membiasakan salat ini semasa hidupnya. Rasulullah mengatakan, “Salat sunah fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya”.

Pada saat mengerjakan salat sunah fajar atau salat dua rakaat sebelum salat subuh, Syeikh al-Nawawi mengingatkan agar tidak membaca surat yang panjang dan jangan salat terlalu lama. Ketika itu, ada beberapa surat yang dianjurkan membacanya, surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas.

Semoga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi sesuatu yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari.(Islami.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.