oleh

Unija Gelar Seminar Motivasi Jelang Wisuda Tahun 2019

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar seminar motivasi bagi calon wisudawan, Rabu (9/10/2019).

Bertajuk Character Building dalam Memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri 4.0, Unija menghadirkan narasumber Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial asal Sumenep, Dr. Sunarto, SH., M.hum.

Character Building dalam Memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri 4.0, Unija menghadirkan narasumber Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial asal Sumenep, Dr. Sunarto, SH., M.hum (Foto. Nanik Dwi Jayanti/ @portalmadura.com)

Rektor Unija, Sjaifurrachman mengatakan, untuk memasuki dunia usaha dan dunia industri, seorang calon wisudawan harus membangun karakter sesuai dengan dunia yang akan dimasukinya.

“Calon wisudawan Unija yang sudah siap memasuki dunia kerja harus mampu menggali dan mengasah potensi diri sesuai dengan keadaan industri saat ini,” katanya.

Menurutnya, di generasi milenial, yang namanya alat komunikasi, komputer serta internet sudah tidak asing lagi, bahkan terbilang akrab dengan mereka. Dan hal ini harus mereka manfaatkan untuk kemajuan diri sendiri.

Sehingga mereka tidak hanya menjadi lulusan yang bekerja dengan baik di bidangnya, tetapi mampu membuka lapangan kerja baru, inovatif, kreatif dan bisa lebih bermanfaat untuk orang di sekitarnya.

Loading...

Namun, dalam era industri 4.0 ilmu pengetahuan saja tidaklah cukup, tetapi mereka juga dituntut untuk memiliki karakter yang mampu menerima dan beradaptasi terhadap suatu perubahan.

“Persaingan dunia kerja saat ini sudah sangat ketat, kita mengajak saudara, bangunlah karakter yang mampu dan cerdas, bersikap positif dan berkepribadian menonjol. Sehingga saudara akan dibutuhkan di manapun berada,” terangnya.

Pihaknya berharap, para calon wisudawan harus siap memberikan kontribusi positif bagi Indonesia dengan menjadi pribadi yang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik, sehingga bermanfaat bagi negara, bangsa dan Unija.

Sementara, Sunarto dalam presentasinya mengingatkan kepada para calon wisudawan Unija tahun akademik 2018/2019 untuk bisa menyeimbangkan antara intelektual dan integritas.

Ia mengatakan, intelektual yang diberikan kampus tidaklah cukup, tetapi juga harus ada integritas agar bisa berlaku profesional sesuai profesi yang dijalani.

“Intelektualitas tanpa integritas bagai pelita di tangan pencuri, sebaliknya integritas tanpa intelektualitas bagai pelita di tangan bayi,” ungkapnya.

Selain memberikan motivasi kepada para calon wisudawan, ia juga memberikan sejumlah tips untuk menghadapi dunia kerja terutama di era industri 4.0.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Pengadilan Agama Sumenep Subhan Fauzi, Pengadilan Negeri Sumenep Akhmad Bukhori, Asisten Administrasi Umum Mohammad Fadillah, Pimpinan Bank Jatim Cabang Sumenep Sigit Tri Atmoko, perwakilan Bank BRI Sumenep, Komando Distrik Militer (Kodim) 0827 Sumenep, Polres Sumenep, PT Garam, PT WUS.

Sedangkan prosesi wisuda Unija tahun akademik 2018/2019 akan dilaksanakan besok, Kamis (10/10/2019).(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Nurul Hijriyah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar