oleh

Usia 40 Tahun Perempuan Akan Susah Tidur, Begini Cara Mengatasinya

PortalMadura.Com – Di usia 40 tahun, susah tidur bagi perempuan merupakan suatu kondisi dimana tubuh sulit untuk beristirahat secara penuh dengan situasi tidur lelap dan nyenyak. Hal ini di pengaruhi oleh berbagai faktor dan kecendengungan setiap individu. Namun faktor yang paling dominan adalah karena metabolisme tubuh perempuan sudah mulai menurun, artinya tidak seperti di waktu usia muda.

Beberapa ilmuan menyatakan situasi susah tidur ini disebabkan oleh penumpukkan protein beta amiloid menurunkan kualitas tidur seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Fase ini tidak bisa dihindari, karena memang sudah hukum alam bahwa tubuh kita akan semakin tua seiring dengan berjalannya waktu. Namun tahukah Anda, bahwa persoalan susah tidur ini ternyata juga bisa diatasi, sebagaimana dilansir dari Fimela.Com yang mengutip dari Purewow.com, Senin (3/5/2021) Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur:

Mengontrol Asupan Cairan

Perempuan di usia 40 tahun tidak disarankan minum terlalu banyak, utamanya sekitar dua jam sebelum tidur, hal ini karena seiring bertambahnya usia otot dasar panggul melemah dan jaringan vagina menipis. Menyebabkan kesulitan mengontrol dorongan buang air kecil di malam hari.

Menurunkan Suhu Ruangan

Ini sederhana, tetapi perlu diperhatikan. Sesuaikanlah suhu ruangan tempat Anda tidur dengan kebutuhan tidur Anda, pastikan jangan terlalu dingin dan juga jangan terlalu panas. Buat senyaman mungkin ruangan istirahat Anda agar bisa mempercepat Anda terlelap.

Lepaskan Beban Pikiran

Entah di usia muda atau sudah tua, apabila memiliki beban pikiran yang cukup banyak, maka akan tetap sulit tidur, lebih-lebih perempuan yang berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami pikiran yang terus berpacu dengan daftar tugas saat tidur. Maka disarankan untuk menjernihkan pikiran terlebih dahulu lalu tidur.

Kondisikan Lingkungan Tidur yang Bersih

Pastikan Anda termasuk orang yang rutin mengganti sarung bantal dan bad cover, karena jika tidak dan Anda membiarkan tempat tidur Anda menjadi kotor dan kumuh, maka akan semakin mempersulit Anda untuk tidur dengan nyenyak pada waktu malam di usia Anda yang sudah 40 tahun.

Atur Napas

Sebelum tidur, sempatkanlah untuk mengatur napas selama kurang lebih lima menit dengan cara menahan napas selama empat hitungan dan berulang-ulang. Aktivitas ini akan sangat membantu Anda untuk merasakan tenang dan tubuh Anda akan terasa lebih rileks, sehingga akan mempermudah Anda untuk tidur dengan nyenyak.

Bagaimana? Mudah ‘kan? Anda bisa mencobanya agar Anda lebih mudah mendapatkan tidur yang berkualitas di usia 40 tahun Anda. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar