VIDEO- Detik-detik Evakuasi 4 Warga Sumenep Tewas Tercebur Sumur

Avatar of PortalMadura.Com
VIDEO- Detik-detik Evakuasi 4 Warga Sumenep Tewas Tercebur Sumur
Evakuasi korban tercebur sumur (Insert, korban Sumahwi) (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, – Evakuasi 4 warga Sumenep, Madura, Jawa Timur yang tercebur sumur (Somor Manteki) di Dusun Mongguk, Desa Juruan Daya, Kecamatan , Kamis malam (12/4/2018) sangat menegangkan.

Prosesnya dilakukan dengan menggunakan alat seadanya oleh warga. Untuk menghindari kehabisan oksigen atau gas beracun dalam sumur, warga yang hendak melakukan evakuasi menggunakan kompresor.

https://www.youtube.com/watch?v=bauz7Xz-xkw

Empat warga yang tewas tercebur sumur, yakni Tosan (pemilik sumur). Ketiga korban lainnya, Junaidi, Sugi dan Sumahwi semuanya warga desa tetangga yakni Desa Badur, Batuputih. Ketiga korban ini hendak menolong Tosan saat tercebur sumur. Naas, mereka juga tercebur ke dasar sumur dengan kedalaman 50 meter.

Baca Juga : Ini Penampakan Sumur Telan 4 Warga Batuputih Sumenep

“Evakuasi korban menggunakan alat seadanya. Termasuk menggunakan kompresor,” kata Hoza, salah seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Batuputih, Sumenep, pada PortalMadura.Com via telepon.

Sumber lain menyebutkan, pihak Pemerintah Kabupaten Sumenep tidak mempunyai alat evakuasi korban. Sehingga warga berinisiatif melakukan evakuasi dengan alat seadanya. Aparat kepolisian dan TNI serta pihak Forpimka setempat bersama warga membantu evakuasi.

Peristiwa tersebut berawal saat korban Tosan hendak memasang pompa air ke dalam sumur dan dibantu oleh anaknya, Tikyono.

Beberapa saat kemudian, Tosan naik ke atas sumur hendak mengambil bambu yang rencananya akan dijadikan alat untuk memperlebar lubang sumber agar debit air bisa bertambah. “Itu dilakukan sekitar pukul 14.55 WIB,” kata Asnawi, kerabat salah satu korban, pada PortalMadura.Com via telepon.

Saat korban hendak turun kembali ke dalam sumur, korban Tosan melihat ada asap mengepul dari mesin pompa air. Lalu, mesin dimatikan. “Waktu itu Tosan menjerit minta tolong dan akhirnya jatuh ke dasar sumur. Ia tercebur ke dasar sumur sekitar pukul 16.25 WIB,” ujarnya.

Sontak, Tikyono anak Tosan meminta tolong pada warga lain. Pertama yang berusaha menolong adalah Masrono, warga setempat. Namun karena banyak asap dari dalam sumur, ia mengurungkan niatnya, sehingga Masrono selamat.

Warga lain juga berusaha menolong, Sugik, Junaidi dan Sumahwi, ketiganya warga Desa Badur, Kecamatan Batuputih, Sumenep. “Ketiga orang ini ikut tercebur ke dasar sumur. Sebelum itu juga ada yang hendak menolong, namanya Saleh. Namun, selamat karena mengurungkan niatnya setelah melihat asap tebal dari dalam sumur,” urainya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.