oleh

VIDEO- Panwaslu Batuputih Live Uji Coba Pengawasan Pilgub Jatim

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Pilgub Jatim atau Panwaslu Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin pagi (25/6/2018) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi 10 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Bimtek tersebut di tempatkan di rumah PPL Desa Juruan Laok, Diwi Amaliyah. Disela-sela bimtek, pihak Panwaslu Kecamatan Batuputih juga live via WhatsApp.

“Saat PPL Bimtek, kita sedang ujicoba teknologi dan perangkat pengawasan sekaligus evaluasi penguasaan PTPS terhadap materi pengawasan,” kata Ketua Panwaslu Batuputih, Sumenep, Hartono.

Dijelaskan, PTPS dan PPL juga dibekali perangkat android untuk mendokumentasikan semua proses dan tahapan Pilgub Jatim. “Selain memang kewajiban PTPS untuk melakukan pelaporan via online pada hari pelaksanaan,” ujarnya.

Loading...

Diakui jika sejumlah TPS yang tersebar di 14 desa se-Kecamatan Batuputih atau 89 TPS ada yang sulit dijangkau dengan jaringan GSM, namun para PTPS tetap diwajibkan mendokumentasikannya.

“Baik itu dalam bentuk foto atau video. Mereka wajib mendokumentasikan proses dan tahapan Pilgub Jatim, lebih-lebih pada hari pelaksanaan,” tandasnya.

Baca : 89 PTPS Pilgub Jatim di Batuputih ‘Dicekoki’ Materi Pengawasan

PPL Desa Juruan Laok, Diwi Amaliyah optimis semua PTPS mampu menguasai materi dan strategi pengawasan. “Bimtek hari ini sekedar mengingatkan dan mempertajam penguasaan materi pengawasan yang sebelumnya telah di bimtek oleh Panwas Kecamatan,” katanya.

Untuk selanjutnya, sambungnya, PTPS akan melakukan patroli pengawasan bersama-sama guna memastikan tidak ada bahan kampanye (BK) dan alat peraga kampanye (APK) serta hal lain yang dapat menodai penyelenggaraan Pilgub Jatim.(Desy/Putri)



Komentar