oleh

Wabup Minta Petani Jaga Kualitas Tembakau Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Memasuki musim tanam tembakau tahun 2015, Wakil Bupati Sumenep, Soengkono Sidik, meminta petani tembakau untuk menjaga kualitas tanaman tembakau yang sudah menjadi tradisi secara turun-temurun setiap tahun.

“Tembakau asal Sumenep masih menjadi komoditas unggulan diberbagai pabrik rokok di Indnesia. Jadi, petani tembakau harus menjaga kualitas tanaman tembakaunya,” kata Soengkono Sidik, Kamis (18/6/2015).

Menurut dia, agar kualitas tembakau tetap baik, salah satunya pada pemilihan bibit yang baik, seperti bibit tembakau N1 dan bibit tembakau N2, yang kadar nikotinnya rendah.

Loading...

Selian itu, perawatannya, serta mengikuti tehnik yang dianjurkan oleh pemerintah menjadi penting terhadap perkembangan pertumbuhan tanaman tembakau.

Ia pun mewanti-wanti, agar petani tidak mencampur aduk dengan tembakau dari daerah lain atau tembakau sawah, bila sudah musim panen tiba. Sehingga kualitas tembakau Sumenep tetap lestari, serta harganya tetap stabil.

Pihaknya juga berjanji akan melakukan koodinasi dengan pihak pabrikan, maupun pengusaha tembakau yang ada di Kabupaten Sumenep untuk duduk bersama, guna membahas masalah harga tembakau.

“Pada tanggal 25 Mei 2015, kami telah mengutus sejumalah instani untuk mengikuti rapat bersama DPRD Provinsi Jawa Timur, yang salah satu agendanya adalah masalah harga tembakau,” bebernya.(udin/har)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE