oleh

Wajib Cek 4 Hal Ini pada Ban Motor Ketika Musim Hujan

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, pemilik kendaraan harus rutin mengecek kondisi ban. Sebab, komponen yang satu ini memiliki peran penting yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan.

Maka dari itu sebelum Anda bepergian, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi ban. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat melakukan pengecekan pada ban. Apa saja?.

Berikut empat hal yang harus dicek pada ban motor ketika musim hujan, seperti dilansir Liputan6.com dari Wahana Honda:

Tekanan Ban

Pemilik kendaraan sangat penting untuk mengecek tekanan ban. Pasalnya, bila tekanan ban tidak sesuai dengan standar, tentu hal ini akan menyebabkan beberapa hal negatif. Seperti ban kempis, akan menyebabkan keseimbangan saat berkendara berkurang. Hal itu bisa berakibat fatal karena bisa membuat pengendara terpleset.

Alur Ban

Perhatikan alur ban, apakah masih tebal atau tidak. Biasanya, pengecekan fisik dilakukan untuk mengetahui apakah alur ban masih bagus atau sudah halus sehingga perlu diganti. Semakin halus alur ban akan semakin berbahaya untuk digunakan. Dengan alur ban yang halus daya cengkeram akan berkurang dengan drastis, sehingga Anda perlu mengganti ban dengan yang baru.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Ban Motor Kerap Kekurangan Angin

Cek Keseluruhan

Yang dimaksud dengan kondisi ban tentunya adalah kondisi fisik. Walaupun alur ban sudah dicek dalam kondisi yang bagus, terkadang Anda menemukan kerusakan dini yang terjadi pada ban. Salah satunya adalah ban yang sobek terkena paku, atau benda tajam lainnya.

Pengecekan ini sangat berguna, karena jika kondisi ban yang rusak dipaksa untuk tetap dipakai tentu akan membahayakan diri sendiri, bahkan pengguna jalan lain. Pastikan untuk tetap cek selalu kondisi ban apakah ada kerusakan atau tidak.

Beban Angkut

Nah, poin ini sering dilakukan di Indonesia. Ban, memiliki karakteristik berupa berat maksimal yang bisa diterima, tentunya ada batas tertentu yang aman. Dengan memerhatikan hal ini tentu Anda akan lebih memahami karakteristik ban yang Anda miliki. Paling tidak yang perlu diingat adalah selama sepeda motor digunakan oleh dua orang, dan jika tidak terlalu membawa barang bawaan yang berlebihan, maka akan aman.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE