oleh

Waktu Yang Tepat Kehadiran S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Unija di Madura

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah membuka Program Studi (Prodi) S1 Kebidanan dan Profesi Bidan sejak tahun 2019.

Pihak Kemenristekdikti RI telah menerbitkan izin pembukaan Strata Satu (S1) dua prodi tersebut melalui surat keputusan yang ditetapkan tanggal 26 Juli 2019 dengan Nomor 620/KPT/I/2019.

Keberadaan S1 prodi Kebidanan dan Profesi Bidan yang merupakan satu-satunya di Madura dinilai sangat tepat oleh banyak kalangan.

Salah satunya, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono.

“Kami sebagai fasilitator menyambut baik. Ini juga untuk men-support kami dalam meningkatkan pelayanan yang berkualitas,” katanya beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengajak Unija untuk bersinergi dalam meningkatkan kualitas SDM, khususnya pada bidang pelayanan kesehatan.

Sementara, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Provinsi Jatim, Hj. Lestari, berterima kasih dengan dibukanya prodi kebidanan.

“Ini tentu akan menambah jalan bagi masyarakat atau bidan yang ingin menempuh pendidikan lebih baik. Dan kalau sudah banyak tahu praktiknya di rumah sakit, insya Allah yang Pamekasan, Sampang bisa diajak ke sini,” jelasnya.

Loading...

Sementara Direktur RSUD Sumenep, Erliyati, sangat senang dengan adanya S1 Kebidanan yang sangat dibutuhkan saat ini.

“Jadi, Alhamdulillah mengawali dan insya Allah suatu kebutuhan bagi kami agar ASN kami tidak jauh sekolah dan tidak mengganggu tugas rumah sakit dan sekolah. Kami juga akan memberikan kebijakan tentunya,” ungkapnya.

Ia juga akan mengimbau kepada para bidan di rumah sakit agar segera melanjutkan ke jenjang S1 Kebidanan, mengingat spesialis rumah sakit tidak banyak dan pada kondisi tertentu pasti ada pelimpahan wewenang.

“Kalau mendapatkan pendidikan lebih, tentu akan sangat membantu dokter di rumah sakit,” ucapnya.

Dekan FIK Unija Sumenep, Eko Mulyadi menjelaskan, Unija merupakan satu-satunya kampus yang membuka program studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Madura.

“Untuk di Jatim sendiri, insya Allah Unija yang kelima,” katanya.

Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru, Unija membuka jalur utama yakni reguler dari SMA. Dan sebagai bentuk kerja sama dengan profesi, pihaknya menerima para Bidan yang ingin mengambil profesi.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Komentar