Wanita Karier, Ini 7 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Pengelolaan Keuangan

Avatar of PortalMadura.com
Wanita Karier, Ini 7 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Pengelolaan Keuangan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak orang yang mengeluhkan masalah gaji bulanan yang hanya seperti numpang lewat begitu saja di rekening tabungan. Bahkan, bisa ludes dalam beberapa hari untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Padahal, kebutuhan hidup terasa begitu banyak dan seolah tiada habisnya. Di sinilah pentingnya Anda melakukan perencanaan keuangan. Khusus bagi wanita yang aktif bekerja, merencanakan keuangan berarti termasuk memperhitungkan gaya hidup, kesehatan, dan kebutuhan entertainment. Pasalnya, banyak di antara wanita berkarier yang juga seorang ibu, lebih memprioritaskan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga dibandingkan dirinya sendiri.

Menurut seorang pakar keuangan bersertifikat dari Amerika Serikat, Ric Edelman, dalam bukunya yang berjudul “The Truth About Money” mengatakan, bahwa perencanaan keuangan memiliki banyak manfaat. Beberapa di antara manfaatnya yaitu melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko secara finansial, mengurangi utang, membiayai kehidupan saat tidak lagi berada dalam rentang usia produktif, mampu menentukan masa pensiun dengan gaya hidup yang diinginkan, membiayai perawatan yang bersifat jangka panjang, dan mewariskan kesejahteraan kepada generasi berikutnya.

Oleh karena itu dalam merencanakan keuangan, Anda harus melakukan tujuh hal berikut ini:

Prioritaskan Tujuan
Wanita cenderung memikirkan semua hal dalam waktu bersamaan. Perlu diputuskan apa tujuan yang paling prioritas dalam hidup Anda.

Pilih Penasihat Keuangan yang Tepat
Penasihat keuangan dapat memahami kebutuhan Anda. Biasanya penasihat wanita dinilai lebih mengerti dan terbuka untuk mendengar keluhan.

Investasi dengan Percaya Diri
Hampir 50 persen penelitian mengatakan, bahwa wanita kurang percaya diri ketika berinvestasi dan hanya 13 persen yang mengatakan bahwa mereka sangat percaya diri.

Lindungi Masa Pensiun
Kelangsungan hidup finansial Anda bergantung pada kesanggupan membayar diri Anda terlebih dahulu dengan menabung untuk masa pensiun.

Kenali Rencana Pensiun Pasangan Anda
Bagi wanita yang sudah menikah, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang dipikirkan pasangan Anda untuk masa pensiunnya.

Siapkan Biaya untuk Anak
Selain memikirkan diri sendiri, sangat penting seorang wanita menyiapkan keuangan untuk menghadapi biaya pendidikan dan biaya hidup anak-anak.

Rencanakan Asuransi Jangka Panjang
Salah satu langkah dalam mengatur perencanaan keuangan, yaitu dengan memiliki asuransi. Sebab, asuransidapat meringankan hal-hal yang terjadi tidak terduga. Asuransi juga dapat dijadikan solusi mengatur perencanaan keuangan pada waktu yang telah diprediksi.

Rencana keuangan Anda perlu menyertakan harapan Anda tentang siapa yang akan membantu Anda seiring bertambahnya usia dan sumber keuangan apa yang akan Anda miliki untuk kebutuhan perawatan medis. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.