Warga Raas Keluhkan Minimnya Tenaga Dokter

Avatar of PortalMadura.Com
Warga Raas Keluhkan Minimnya Tenaga Dokter
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Warga Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengeluhkan minimnya tenaga dokter di Puskesmas setempat.

Pasalnya, kecamatan yang terdiri dari 9 desa itu merupakan wilayah , bahkan ada dua desa yang terpisah dari Kecamatan Raas.

“Dua desa yang terpisah itu diantaranya Pulau Tonduk, dan Pulau Gowa-gowa. Tapi kenapa hanya ada 1 dokter yang ada di Kecamatan Raas,” keluh Agus Salim, salah satu warga Desa Brakas, Kamis (28/4/2016).

Dia menerangkan, tenaga medis di Puskesmas Raas hanya ada 2 orang, satu dokter gigi berstatus PNS dan satu dokter umum berstatus tenaga kontrak.

“Kami berharap minimal ada 2 dokter umum yang berstatus PNS. Sehingga jika salah satu ada kepentingan dinas diluar Raas, masih ada 1 dokter yang bertugas di puskesmas,” harapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, A Fathoni mengakui keterbatasan tenaga dokter di wilayah kepulauan, termasuk Raas.

“Di Puskesmas Raas mendingan ada 1 dokter umum meski hanya berstatus tenaga kontrak,  daripada di kepulauan lain, malah ada yang tidak ada dokternya sama sekali,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia menjamin pelayanan kesehatan di Pulau Raas memadai, karena ada perawat dan bidan senior dalam jumlah yang cukup.

“Selain puskesmas utama di Kecamatan Raas, juga ada 5 puskesmas pembantu di desa-desa lain, termasuk di pulau-pulau yang terpisah dari wilayah kecamatan Raas. Disitu sudah ada perawat dan bidan senior yang mempunyai kemampuan,” pungkasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.